Kolom

Binsar Situmorang Ajak Warga Manfaatkan Fasilitas yang Ada

Ayo Berpartisipasi Belajar Mengelola Sampah

Pernah tidak terpikir oleh kita bagaimana sampah yang kita buang itu akan berakhir? Itulah yang kini dipaparkan Binsar Situmorang selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sumut.

LEO PURBA, Siantar

Berbicara soal sampah, ada tipe sampah yang akan hancur dengan sendirinya. Namun juga ada tipe sampah yang tidak bisa terurai dalam tanah hingga jutaan tahun.

Coba bayangkan kalau setiap hari kita membuang sampah yang tidak bisa diurai setiap harinya, ditambah dengan sampah-sampah yang dihasilkan oleh anggota keluarga. Jangan-jangan nanti kita bisa hidup berdampingan sama sampah gara-gara terlalu banyak sampah yang tidak bisa diurai.

Untuk itu, Binsar berharap kepada masyarakat agar memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan pemerintah dan belajar mengelola sampah. Jadi masyarakat yang hendak belajar mengelola sampah bisa datang ke lokasi.

“Artinya kita bisa memanfaatkan potensi yang ada. Pemberdayaan masyarakat khususnya di kelurahan-kelurahan harus lebih aktif. Sebab, sampah bisa bernilai ekonomis. Misalnya membuat pupuk kompos. Kompos ini nantinya bisa dipakai sendiri atau dijual,” kata Binsar Situmorang saat serah terima kendaraan pengangkut sampah roda tiga ke Pemko Siantar, Kamis (5/12).

Serah terima dihadiri langsung beberapa Kadis yaitu Kadis DLH Sibolga, DLH Sergei, DLH Labuhan Selatan (Labusel) dan DLH Kota Pematangsiantar.

“Ke depan, dengan motivasi ini kita khususnya di daerah perkotaan bisa memanfaatkannya. Semoga ini bisa dimanfaatkan dengan baik,” ujarnya.

Binsar mengatakan, memilih Siantar sebagai salahsatu penerima bantuan itu adalah karena lokasi Siantar sangat strategis.

“Yang kita ketahui setiap Musrenbang provinsi selalu menyampaikan dan pada hari ini kita wujudkan,” ujarnya.

Dia kemuduian mengingatkan pesan Gubsu agar Sumut Maju, Aman, Sejahtera dan Bermartabat.

“Mengemban kata-kata ini sangat berat. Bagaimana kita buat agar masyarakat Sumut yang berasal di perkotaan bisa memanfaatkan becak sampah ini ke depannya bermanfaat dan bernilai ekonomis,” tambahnya.

Usai dari Tanjung Pinggir, Binsar Situmorang kemudian melanjutkan peninjauan ke lokasi pembangunan karle TPS 3 R di Kelurahan Tanjung Tongah, Kecamatan Martoba.

Selanjutnya ke pembangunan ipal di depan SMP Negeri 4, Taman Kahayati dan ke HKBP Nommensen Pematangsiantar.

Pembangunan ipal yang di SMP Negeri 4, Binsar meminta kepada pekerja agar memberikan pembelajaran kepada penjaga sekolah supaya lebih paham merawat dan meminta kepada pekerja agar menambahi penghijauan di sekitar ipal.

Sementara di Taman Kahayati, Binsar memberikan ide agar dinding yang mengelilingi taman dibikin lukisan-lukisan penghijauan dan dibuatkan beberapa permainan agar masyarakat Siantar betah berkumpul dan sangat bagus untuk anak-anak sebagai tempat bermain. (*)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button