Entertainment

Pemulangan Tahap Ketiga 133 TKI dari Malaysia Tiba di Tanjungbalai

FaseBerita.ID – Sebanyak 133 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Tanjungbalai dari Malaysia tiba di Pelabuhan Teluk Nibung, Rabu (17/6).

Saat tiba, para PMI dijemput langsung oleh Wali Kota Tanjungbalai Syahrial bersama Forkopimda Tanjungbalai dan Lanal TBA Letkol Laut(P) Dafris (MS), Dandim 0208/AS, diwakili Pabung Mayor Inf Indra Bakti, Kapolres Tanjungbalai diwakili Kapolsek Pulau Buaya AKP Simamora, Kepala KSOP Tanjungbalai Bpk Safrizal Tanjung serta OPD.

Pemulangan PMI kali ini merupakan pemulangan tahap III, dimana sebelumnya Pemko Tanjungbalai melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tanjungbalai telah memulangkan 301 orang PMI yang merupakan warga Tanjungbalai dari Malaysia.

Para PMI tiba di Pelabuhan Teluk Nibung menggunakan Kapal Ferry Pasific Jet Star I berangkat dari Terminal Ferry Asa Niaga Port Klang, Selangor Malaysia. Setibanya di Pelabuhan Teluk Nibung, Para PMI langsung disemprotkan disinfektan oleh petugas sebelum memasuki pelabuhan dan mengikuti pemeriksaan lanjutan.

“Kepulangan 133 PMI asal Tanjungbalai ini merupakan pemulangan tahap III dari tiga tahap pemulangan yang direncanakan,” kata Wali Kota.

Lanjut Walikota, Alhamdulillah hari ini 133 warga kita sudah tiba di Kota Tanjungbalai dari Malaysia dengan selamat dan semua proses berjalan dengan lancar.

“Pemkot Tanjungbalai mengucapkan terimakasih dan apresiasi serta dukungan semua pihak yang telah ikut serta membantu pemulangan warga kita ini khususnya kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Pihak KBRI di Malaysia, Diaspora Indonesia di Malaysia, Pemerintah Propinsi Sumatera Utara, dan pihak terkait lainnya kiranya apa yang kita lakukan saat ini diridhoi Allah SWT,” sebut Wali Kota HM Syahrial.

Wali Kota HM Syahrial menyampaikan, nantinya seluruh TKI yang sudah tiba di Tanjungbalai langsung dilakukan pemeriksaan Kesehatan Rapid Test Covid-19 oleh petugas Kesehatan dari Karantina Kesehatan Cabang Tanjungbalai dan Dinas Kesehatan Pemkot Tanjungbalai dan selanjutnya dibawa ke Karantina Kesehatan yang berlokasi di Gor Mini, Kelurahan Sei Raja, Kecamatan Sei Tualang Raso, Tanjungbalai untuk proses pemeriksaan administrasi dan penanganan lebih lanjut.

“Terakhir saya mengucapkan selamat berkumpul bersama keluarga kepada seluruh saudara saudara saya yang baru tiba di Kota Tanjungbalai, sampaikan salam hangat kami buat keluarga sekalian,” tutup Wali Kota HM Syahrial. (ck04/rah)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button