Ekonomi

Tingkatkan Mutu Produk Lokal, Antisipasi Gejolak Ekonomi Global

SIANTAR, FaseBerita.ID – Dunia saat ini sedang mengalami ancaman ekonomi global. Hal ini berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara. Salah satu upaya untuk mengantisipasi gejolak ekonomi ini adalah meningkatkan marketing plan produk lokal untuk di eksport

Hal ini disampaikan Wakil Menteri Perdagangan Dr Jerry Sambuaga dalam Kuliah Umum di Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Rabu (11/12) siang.

Di hadapan ribuan mahasiswa, Dr Jerry memaparkan bahwasanya dunia termsuk Indonesia juga mengalami ancaman gejolak ekonomi global.

“Presiden Jokowi memberikan dua hal kepada Kementerian Perdagangan untuk dilakukan. Yakni menjaga neraca perdagangan dan mengendalikan import secara selektif. Yang dua inilah tugas yang diberi kepada kami untuk menjaga gejolak ekonomi,” ujarnya.

“Beberapa negara sudah mengalami gejala resesi ekonomi khususnya yang mengadopsi perdagangan terbuka. Namun negara kita Indonesia tidak seperti negara lainnya dan  kebebasan perdagangan di negara kita masih dibatasi sehingga tidak kena pada resesi ekonomi global dan tidak tergantung pada negara lain,” katanya lagi.

Jerry menyampaikan, salah satu upaya Kementerian Perdagangan untuk menjaga stabilitas ekonomi adalah dengan cara meningkatkan mutu produk lokal dan merek lokal untuk di ekspor.

Dengan demikian pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia tetap terjaga.

Termasuk juga menekan produk-produk import masuk ke Indonesia dengan mengutamakan produksi dalam negeri.

“Jadi kami berharap agar mahasiswa dapat meningkatkan mutu dan kualitas sehingga ke depan dapat bersaing untuk menghadapi ekonomi global yang senantiasa mengalami perubahan,” terang Dr Jerry.

Pada kuliah umum tersebut diberikan kesempatan kepada mahasiswa dan dosen untuk memberikan pertanyaan seputar ekonomi perdagangan global.

Di akhir acara, Rektor Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar Prof Dr Sanggam Siahaan Mhum dan jajarannya memberikan cindera mata dan ulos kepada Dr Jerry Sambuaga. (pra)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker