Ekonomi

Tim RHS Jalin Kerjasama dengan ABC, Bangun Pabrik di Simalungun

SIMALUNGUN, FabeBerita.ID – Walau masih berjuang untuk mendapatkan dukungan dari Partai Politik untuk maju di Pilkada Simalungun tahun 2020, Tim Radiapo Hasiholan Sinaga (RHS) sudah menjajaki kerjasama dengan pihak ABC, perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan bahan makanan, termasuk saos tomat.

Tim RHS sudah berangkat ke Jakarta untuk melakukan pembicaraan pendirian pabrik pengolahan tomat di Kabupaten Simalungun.

“Kita siapkan lahan dan bantuan perizinan di Kabupaten Simalungun. Pihak ABC kita yakinkan bahwa Simalungun merupakan lokasi yang tepat, karena bahan bakunya ada di Simalungun dan bisa didatangkan dari Kabupaten tetangga karena jaraknya cukup dekat,” katanya.

Dengan pendirian pabrik pengolahan tomat di Simalungun, kata RHS, maka akan terpangkas biaya transportasi dan terjadi pertambahan nilai pada tomat.

Dengan kondisi saat ini, petani sering merugi karena harga produksi lebih besar dari harga jual. Secara otomatis lowongan kerja juga akan bertambah.

“Tentunya itu semua akan lebih baik, jika sarana transportasi jalan memadai,” katanya.

RHS melalui timnya, mengaku sudah memetakan status jalan di Simalungun, yang mulus, rusak sedang dan rusak parah. Dari data itu, diperoleh sekitar 1.600 Km jalan dalam keadaan rusak. Taksasi biaya yang dibutuhkan sekitar Rp2,4 Triliun.

“Ada beberapa sumber pendapatan yang dapat dimaksimalkan. Program kita terukur. Sumber pembiayaan jelas, bukan sekedar pencitraan,” katanya. (rel)

iklan usi