Ekonomi

Tesla dan BASF Siap Susul CATL dan LG Masuk ke Indonesia

FaseBerita.ID – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut, dua perusahaan baterai listrik raksasa dunia yaitu Tesla milik Elon Musk dan BASF asal Jerman akan berinvestasi di Indonesia. Mereka akan menyusul Contemporary Amperex Technology Co. Ltd (CATL) asal Tiongkok dan LG Chem Ltd asal Korea Selatan.

CATL telah terlebih dahulu masuk Tanah Air dengan membawa USD 5,2 miliar. Sementara LG sebesar USD 9,8 miliar.

“Sebentar lagi yang akan kita teken ini adalah BASF sama Tesla. Insya Allah kalau 4 ini sudah jalan maka dunia akan mulai merasakan kehadiran Indonesia dalam rangka kontribusinya terhadap energi baru terbarukan khususnya untuk mobil listrik,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (25/1).

Bahlil menjelaskan, masuknya investasi raksasa seperti Tesla di Indonesia menunjukkan pandangan dunia terhadap prospek perekonomian dan potensi investasi di Indonesia mulai bagus. “Persepsi global ini terjadi dengan beberapa investasi-investasi besar yang mulai cenderung untuk masuk ke Indonesia,” tuturnya.

Bahlil optimistis, tantangan investasi pada 2021 lebih mudah dibandingkan 2020 meskipun masih dalam situasi yang sama, yaitu pandemi virus Covid-19. Sebab, dengan mulai berjalannya proses vaksinasi dapat menjadi titik terang bagi perekonomian.

Selain itu, Undang-undang Cipta Kerja juga sudah mulai diimplementasikan. Regulasi tersebut salah satunya bertujuan untuk memudahkan investasi masuk ke tanah air.

“Dua poin ini menurut saya cukup membuat kita optimistis dalam rangka realisasi investasi kita di 2021 lebih baik,” pungkasnya. (jp/fabe)

iklan usi