Ekonomi

Susi Pudjiastuti Tabur Benih Ikan di Danau Toba

TOBASA, FaseBerita.ID – Kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti selama dua hari di Kabupaten Toba Samosir pada 13-14 September 2019 mendapat sambutan yang luar biasa serta pujian dari masyarakat sekitaran Danau Toba.

Dihari kedua kunjungan kerjanya di Pantai Pasir Putih Parparean Porsea, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir melakukan penaburan benih ikan di Danau Toba, Minggu (15/9/2019).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Toba Samosir Ir Darwin Siagian mengatakan secara langsung kepada Ibu Menteri Susi bahwa ikan begitu berperan bagi kehidupan masyarakat Batak. Di mana, pada saat lahir, orang Batak akan diberikan ikan. Acara kawinan, juga diberikan ikan dan juga setiap ada giat adat Batak.

“Orang Batak itu familiar dengan ikan. Kami berharap perikanannya dapat berkembang. Kami juga berharap sama Ibu Menteri agar ada nantinya di Tobasa ini balai benih ikan. Kalau berkenan, di sini sudah kami persiapkan tempatnya sekitar 5 Ha. Jadi selain berkembang pariwisatanya, juga berkembang juga nelayannya,” pintanya kepada Ibu Susi.

Menteri Kelautan dan Perikatan Susi Pudjiastuti dalam sambutannya, mengku sangat senang dengan antusiasme masyarakat atas penyambutannya dengan penuh kegembiraan.

“Dengan jiwa yang gembira, pembangunan akan mudah dilakukan masyarakat dan pemerintah secara bersama-sama. Di samping itu, kita harus memerlukan SDM yang cerdas. Saya yakin dengan orang Batak. Karena orang Batak itu adalah pemikir yang brilian,” sebut Susi Pudjiastuti.

Susi Pudjiastuti juga ingin, Danau Toba dijaga dengan baik. Dengan tidak membuang limbah-limbah dari ternak, perusahaan ke Danau Toba.

Selanjutnya, Menteri Susi Pudjiastuti meresmikan Papan Sosialisasi Pengelolaan Sumber Daya Ikan dan juga menaburkan bibit lima jenis bibit ikan sebanyak 250 ribu ekor di Danau Toba Pasir Putih Parparean Porsea, Kabupaten Toba Samosir.

Acara Kunjunga kerja MPK Susi Pudjiastuti turut dihadiri oleh Sahala Lumban Gaol, Komisaris Utama PT Garuda Indonesia, Pdt DR Ana Fera Pangaribuan Kepala Departemen Marturia HKBP, Nilanto Perbowo, Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan, Zulficar Mochtar, Dirjen Perikanan Tangkap, Agus Suherman, Dirjen PDSPKP, Sahala Lumban Gaol, Komisaris Utama PT Garuda Indonesia, Sahata Lumbang Tobing, Direktur Utama PT Jasindo, Hakim Setiawan, Pimpinan Wilayah PT Jasindo, Yenni Dumora, Government Business Manager PT Bank Mandiri, Yohana Hutagalung, Pimpinan BNI Cabang Balige, Deli Sopian, Pimpinan BRI Cabang Balige, serta Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten/Kota beserta undangan lainnya. (os/osi)

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker