Ekonomi

Stok Beras di Asahan Aman Hingga 3 Bulan Kedepan

FaseBerita.ID – Pemerintah Kabupaten Asahan memastikan ketersediaan stok beras .  Bupati H Surya dalam kesempatan itu mendatangi gudang Bulog  Asahan di Kelurahan Kisaran Naga Kecamatan Kota Kisaran Timur untuk memastikan ketersediaan beras, bersama asisten Ekonomi Pembangunan Bambang Hadi Suprapto, Kadis Pertanian, dan pejabat lainnya, Kamis (16/4).

“Alhamdulillah, berdasarkan catatan dan keterangan dari Kepala Bulog,  kita masih bisa antisipasi jika terjadi kekurangan-kekurangan beras di masyarakat selama pandemi Covid-19 saat ini. Telah ada cadangan beras sebanyak 700 ton, ini termasuk dalam  menghadapi Bulan Ramadhan,” kata Bupati  Surya.

Melihat hal itu, Pemkab Asahan meyakini atas jaminan dari Bulog terkait ketersediaan beras bahkan sampai cadangan selama tiga bulan kedepan dipastikan aman. Termasuk memastikan harga beras saat ini normal dipasaran.

“Selain itu, pihak Bulog akan terus menambahkan disetiap bulannya persediaan stok beras baru. Sampai hari ini, berdasarkan pantauan di pasar belum ada kelangkaan beras dan harganya masih normal,” tutur Surya.

Setelah melakukan kunjungan ke Gudang Bulog Bupati Asahan beserta rombongan  melanjutkan pengecekan ketersediaan gabah di beberapa kilang padi, diantaranya Kilang Padi Kisaran Naga didapatkan cadangan saat ini mencapai kurang kebih 1.100 ton, di Kilang Padi Petani ketersediaan kurang lebih 300 ton dan di Kilang Padi Sehati Beras  kurang lebih 60 ton dan gabah kurang lebih 1000 ton.

“Stok Beras Bulog aman untuk 3 bulan kedepan apalagi ditopang beberapa kilang padi yang ada di Kabupaten Asahan” ucap Surya.

Disela sela kunjungannya Bupati juga menyampaikan kepada pengusaha kilang padi untuk lebih memprioritaskan ketercukupan beras di Kabupaten Asahan baru mengirim kedaerah lain. (per/rah)