Ekonomi

Semua Layanan Taspen Bebas Biaya

SIANTAR, FaseBerita.ID – PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri Sipil (Taspen) Persero menegaskan bahwa semua layanan terkait ketaspenan tidak dikenakan biaya alias gratis.

Hal itu diungkapkan Kepala Cabang PT Taspen (Persero) Pematangsiantar Noviardi melalui Kabid Umum dan SDM Harry Saputra kepada media ini, Selasa (5/11/2019). Dia mengimbau agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun pensiunan tidak mudah terpedaya dengan oknum yang mengatasnamakan pegawai PT Taspen dengan meminta imbalan berupa dana untuk Pengurusan layanan taspen.

“Semua layanan kita gratis atau tidak dipungut biaya apapun. Makanya kita meminta para pensiunan maupun ASN jangan mudah percaya begitu saja jika ada yang menawarkan bantuan pengurusan pensiun atau ketaspenan lainnya dengan meminta imbalan. Para ASN, ahli waris, dan pensiunan agar dapat datang langsung ke Kantor PT Taspen (Persero) Cabang Pematangsiantar, apabila ada pengurusan atau klaim tentang Taspen, petugas kita akan melayani bapak ibu dengan cepat, baik, dan ramah, tidak lebih dari satu jam apabila berkas bapak ibu sudah lengkap, klaim bapak ibu sudah dapat dibayarkan melalui transfer rekening. Layanan satu jam PT Taspen (Persero) sudah tersertifikasi ISO 9001:2015 dan Juga PT Taspen (Persero) mempunyai motto 5T (Tepat Orang, Tepat Jumlah, Tepat Administrasi, Tepat Tempat, Tepat Waktu) ,” jelas Harry.

Menurutnya, meski belum ada laporan pensiunan yang menjadi korban, namun pihaknya sudah mendengar adanya percobaan penipuan kepada calon penerima dana pensiun oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab.

“Ada calon penerima dana yang akan memasuki masa pensiun dihubungi oleh seseorang yang mengaku pegawai PT Taspen melalui telepon. Lalu menawarkan bantuan pengurusan dana pensiun dan meminta imbalan. Namun nominal yang disebutkan tidak sedikit, mencapai puluhan juta,” jelasnya.

Tak hanya itu, Harry juga menegaskan bahwa karyawan PT Taspen (Persero) juga tidak boleh menerima imbalan apapun atas jasa pengurusan ketaspenan. “Petugas kita tidak boleh menerima apapun dari pensiunan maupun ASN. Jangankan meminta, menerima pun tidak diperbolehkan. Termasuk uang terimakasih, meski diberikan secara ikhlas, itu tidak boleh. Jadi jangan berikan imbalan apapun kepada petugas kita,” tegasnya.

Untuk itu, ia meminta kepada siapa pun yang mengetahui ada penipuan maupun gratifikasi dan lain sebagainya dalam pengurusan ketaspenan, silahkan lapor ke Desk Kepatuhan-Sekretarian Whistleblowing System PT Taspen (Pesero) di website e-klim.taspen.com/wbs_taspen atau email di pengaduan@taspen.com dan Whatsapp di nomor 081111446666. Bisa juga lewat telepon di nomor 021-4255999 atau datang langsung ke kantor PT Taspen Cabang Pematangsiantar di Jalan Sisingamangaraja Kelurahan Bahkapul, Siantar Sitalasari.

Disebutkan, lingkup dasar pengaduan adalah pemalsuan data, penyalahgunaan jabatan, pembocoran rahasia perusahaan, gratifikasi, penyelewengan uang perusahaan, penggelapan asset, pemerasan, penipuan, etika dan asusila, benturan kepentingan, korupsi dan pencurian.

“Ada empat dasar prinsip pelaporan, di antaranya what, yakni apa dugaan pelanggaran yang diketahui pelapor. Where, di mana pelanggaran tersebut terjadi, when atau kapan perbuatan pelanggaran itu dilakukan,” jelasnya.
Kemudian who, yakni siapa saja yang terlibat dalam perbuatan pelanggaran tersebut dan terakhir, how yakni bagaimana perbuatan pelanggaran tersebut dilakukan. “Kalau ada yang kurang jelas, tanyakan ke Taspen Pematangsiantar di nomor (0622) 21996. Jangan tanyakan kepada orang yang tak jelas. Dan jika kedapatan, oknum-oknum yang mengatasnamakan PT Taspen dan melakukan penipuan akan kita laporkan ke pihak berwajib.”

Segera Rekam Data Biometrik

Sebelumnya para pensiunan di wilayah kerja PT Taspen (Persero) Cabang Pematangsiantar juga diimbau segera melakukan perekaman data biometrik ke kantor bayar terdekat atau bisa melalui mobil layanan keliling yang akan standby di kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) masing-masing kota dan kabupaten.

Kepala Cabang PT Taspen Pematangsiantar Noviardi mengatakan, perekaman data biometrik dilakukan dalam rangka peningkatan layanan kepada para pensiunan. Dimana PT Taspen sedang mengembangkan sistem digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun dengan menggunakan media kartu pintar (Taspen Smart Card). Nah, untuk hal tersebut maka diperlukan proses perekaman data biometrik (enrollment).

Adapun sistem digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun dengan menggunakan media kartu pintar (Taspen Smart Card) itu nantinya bermanfaat dalam kemudahan proses verifikasi kebenaran penerima pensiun (otentikasi).

“Selama ini para peserta diwajibkan hadir setiap bulan di Mitra Bayar. Dengan data biometrik hasil enrollment, otentikasi dapat dilakukan secara online dan live detection dengan menggunakan smartphone. Selain itu, media kartu pintar itu nantinya akan memberikan kemudahan, keamanan dan kenyamanan saat pengambilan uang pensiun dan kedepannya dengan Taspen Smart Card pensiunan tidak lagi terikat waktu dan tempat pengambilan, karena dapat dilakukan di ATM-ATM terdekat,” ujar Noviardi.

Dijelaskan, kondisi saat ini, terdapat 9.480 penerima pensiun yang belum melakukan perekaman data biometrik (enrollment) dari total populasi pensiun di 18 kabupaten/kota wilayah kerja PT Taspen (Persero) Cabang Pematangsiantar sebanyak 54.389 orang.

“Untuk kelancaran pembayaran pensiun, kami mengimbau kepada semua penerima pensiun yang belum melakukan perekaman data agar dapat mendatangi kantor Badan Kepegawaian Daerah sesuai jadwal operasional mobil layanan Taspen. Atau bagi yang berdomisili di Kota Pematangsiantar dan sekitarnya dapat langsung melakukan perekaman data biometrik di kantor PT Taspen (Persero) dengan membawa KTP, buku rekening dan Karip (asli).”

Sementara itu bagi para penerima pensiun yang saat ini kondisinya sakit (uzur) sehingga tidak dapat melakukan enrollment, agar segera melaporkan ke kantor bayar (Bank/Pos) tempat pembayaran pensiun masing-masing, untuk selanjutnya kantor bayar akan melaporkan secara kolektif ke PT Taspen (Persero) Cabang Pematangsiantar.

Adapun jadwal operasional Mobil Layanan Taspen (Mobtas) tahun 2019 di kabupaten dan kota wilayah kerja PT Taspen Pematangsiantar adalah; BKD Kota Padangsidimpuan pada 26-29 November dan 24-27 Desember. BKD Mandailing Natal pada 25 November dan 23 Desember. BKD Tapanuli Tengah di Pandan pada 21 November dan 19 Desember. BKD Kota Sibolga pada 20 November dan 18 Desember. BKD Tapanuli Utara di Tarutung pada 19 November dan 17 Desember. BKD Toba Samosir di Balige yang juga mencakup wilayah Kabupaten Samosir pada 18 November dan 16 Desember.

BKD Labuhanbatu Utara (Labura) pada 15 November dan 13 Desember. BKD Rantauprapat pada 14 November dan 12 Desember. BKD Labuhanbatu Selatan (Labusel) pada 13 November dan 11 Desember. BKD Padanglawas Utara (Paluta) di Gunungtua pada 12 November dan 10 Desember.

Selanjutnya BKD Padanglawas di Sibuhuan pada 11 November dan 9 Desember. BKD Humbang Hasundutan pada 6 November dan 4 Desember. BKD Pakpak Bharat pada 5 November dan 3 Desember. Terakhir BKD Dairi di Sidikalang pada 4 November dan 2 Desember. (rel/hez)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close