Ekonomi

Seminar dan Silaturahmi ISEI: Dorong Pertumbuhan Ekonomi Siantar Simalungun Tahun 2020

FaseBerita.ID – Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Siantar Simalungun bekerjasama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) menggelar seminar dan silaturahmi dengan tema ‘Peluang dan Tantangan Ekonomi Siantar Simalungun Tahun 2020.

Seminar dan silaturahmi digelar dalam menyambut pelantikan pengurus Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Siantar-Simalungun. Hadir sebagai pembicara Drs Murbanto Sinaga SE MM dari USU, Ir Sujatmiko MSi dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumut, Dr Renny Maisyaroh SE MSi Ak CA dari Perusahaan Daerah Aneka Industri dan Jasa Provinsi Sumut dan Wiwiek Sisto Widayat selaku Deputi Perwakilan Bank Indonesia Sumut. Seminar digelar di lantai V gedung Bank Indonesia Pematangsiantar, Rabu (26/2).

Ketua ISEI Siantar-Simalungun Toga Sihite mengatakan bahwa seminar ini termasuk rangkaian rencana pelantikan pengurus ISEI Siantar-Simalungun Maret mendatang. Oleh karena itulah ISEI mengundang sejumlah peserta hadir dari berbagai kampus. Ia berharap kedepan ISEI bisa berkontribusi kepada pemerintah daerah khususnya untuk anggota.

“Program ISEI, pertama, untuk kemajuan internal termasuk dalam hal wawasan. Baru, ke eksternal baik skala lokal maupun nasional. ISEI juga terus didorong bagaimana berperan mendorong pertumbuhan ekonomi Siantar Simalungun Tahun 2020 dengan melibatkan seluruh instansi pemerintah maupun swasta dan akademisi,” katanya.

Didampingi Sekretaris ISEI Siantar-Simalungun, Tongam Pangaribuan, Direksi Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PD PHJ) ini juga menyinggung khusus untuk Kota Pematangsiantar.

Dalam hal akan dibangunnya jalan tol maka perlu strategi untuk membangun ekonomi. Salah satunya bagaimana menjadikan Siantar sebagai kota persinggahan sehingga ketika orang ke daerah kawasan pariwisatan Danau Toba, tempat tinggalnya di Siantar.

“Contoh lain yang bisa dikembangkan adalah usaha kuliner dan bahkan bagaimana menjadikan Kota Siantar sebagai tempat rapat atau kegiatan organisasi tertentu. Soal daerah, kita lihat daerah Yogyakarta, kalau mau ke Candi Borobudur menginapnya di Yogyakarta sehingga tidak ada istilah kota mati,” katanya.

Edhi Rahmanto Hidayat, selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar mendukung kegiatan ISEI dengan harapan dapat bersama-sama membangun pertumbuhan ekonomi sehingga inflasi dapat terjaga.

“Sebagai komunitas ilmuwan diharapkan ke depan secara bersama-sama kita dapat bersinergi dalam memperjuangkan tujuan bersama dan juga mendorong perekonomian khususnya di wilayah kita di Siantar dan Simalungun untuk semakin kuat Mandiri” jelasnya.

ISEI diyakini akan memberi kontribusi yang besar bagi masyarakat dan dalam hal ini Bank Indonesia Pematangsiantar pada khususnya sangat mendukung berbagai kegiatan yang akan dikerjakan ISEI.

“Kami menganggap komunitas ilmuwan sangat berguna bagi proses diseminasi atau literasi ekonomi kepada masyarakat secara luas dan juga sebagai salah satu sumber diskusi kepada pemerintah daerah sehingga apa yang kami hasilkan dapat menjadi masukan dalam pelaksanaan atau perencanaan pembangunan ekonomi di suatu daerah dan nasional. Dan memperkuat langkah kebijakan makro prudensial dan pembayaran serta senantiasa menjalin koordinasi dengan pemerintah,” ucapnya. (rel/rah)

Unefa

Pascasarjana

Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close