Ekonomi

Puluhan Hektare Padi di Huta Bayu Raja Simalungun Diserang Hama Tikus

Petani Butuh Asuransi

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID-Puluhan hektare padi sawah di Kecamatan Huta Bayu Raja Kabupaten Simalungun diserang hama tikus. Dipastikan musim tanam kali ini petani bakal gagal panen.

Gam Sinaga, warga Huta Bayu Raya saat ditemui di lokasi padi yang sudah diserang hama tikus, Rabu (15/7/2020) mengatakan, pihaknya bakal mengalami kerugian besar pada musim tanam ini. Serangan hama tikus tidak terkendali, sementara rata-rata petani belum menjadi nasabah asuransi pertanian. Walau sudah mendapat sosialisasi dari Asuransi Jasindo, yang khsusus untuk mengasuransikan kerugian petani, mereka belum menjadi peserta.

Persoalannya, menurut para petani, proses untuk menjadi peserta terkesan dipersulit.

“Kita bingung mau kemana lagi mengadu ini. Kerugian sudah pasti. Mau bagaimana untuk makan sama biaya hidup,” kata Gam Sinaga.

Sementara Golang Harianja, selaku tokoh masyarakat Huta Bayu raja sekaligus politisi PDI perjuangan, mengatakan sangat prihatin dengan nasib masyarakat  petani di Nagori Raja Maligas, Nagori Silakkidir , Nagori Pokkan Baru dan Kelurahan Huta Bayu, yang menderita akibat serangan hama tikus.

Dijelaskan Golang, petani sudah mengusulkan menjadi peserta asuransi Jasindo. Namun sampai saat ini belum terdaftar.

Lurah Huta Baru Raja, J Sinaga saat dihubungi via telepon mengatan sudah mengetahui kondisi padi petani. Pihaknya dalam waktu dekat akan turun langsung bersama UPTD Pertanian untuk mendampingi masyarakat mengatasi solusi akibat serangan hama tikus.(bis/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button