Ekonomi

Pulihkan Ekonomi Bertahap, Pemerintah Kaji Pelonggaran PSBB

FaseBerita.ID – Sejak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), banyak masyarakat yang mengeluh aktivitas ekonomi tidak berjalan. Terkait hal itu, pemerintah saat ini tengah mengkaji terkait pelonggaran kebijakan PSBB.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memandang melalui pelonggaran PSBB dapat memulihkan perekonomian nasional secara bertahap. Namun, pemerintah harus berhati-hati jangan sampai pelonggaran tersebut dapat membuat angka kurva penularan Covid-19 menjadi meningkat.

“Ada negara yang sudah tidak sabar karena ekonominya terpukul sangat besar kemudian mereka buru-buru membuka, habis itu mereka menyesal dan tutup lagi. Itu yang tidak kita inginkan,” ujarnya dalam video conference di Jakarta, Jumat (8/5).

Sri Mulyani menjelaskan, pelonggaran kebijakan PSBB karena data yang dipegang pemerintah menunjukkan angka penularan Covid-19 yang mulai melandai. Meski demikian, pemerintah hingga saat ini masih menghitung secara detail.

“Begitu data menunjukkan adanya perkembangan positif, berarti adjustment dari policy harus dilakukan,” ucap Sri Mulyani.

Menkeu menambahkan, dalam pelonggaran kebijakan PSBB semua pihak harus ikut berpartisipasi dengan tetap berdisiplin menjaga jarak atau physical distancing dan protokol kesehatan. “Kita lihat saja sambil semuanya ikut berpartisipasi. Kalau semuanya ikut menjalankan secara disiplin, dengan ikhtiar dan doa, kita berharap ini bisa menurun,” tambahnya.

Menurutnya, kesehatan dan kemanusiaan tidak dapat dinomorduakan. Jika hal tersebut dapat terjaga maka perekonomian pun dapat ikut sehat.

“Harus membuat langkah yang bisa menjaga keseimbangan antara kesehatan dan kemanusiaan tidak dikompromi, tapi kegiatan sosial ekonomi mulai bisa dipulihkan secara berangsur,” tutup Menkeu Sri Mulyani. (JP)

USI