Ekonomi

PT TPL Raih Penghargaan Tertinggi ICA 2020: Tiga Platinum Awards Berhasil Diboyong

HUMBAHAS, FaseBerita.ID-PT Toba Pulp Lestari Tbk berhasil meraih penghargaan tertinggi Indonesian CSR Award (ICA) 2020 Sosial Investment & Sustainable Development, yaitu penghargaan terhadap kegiatan coorporate Social Responsibility (CSR) yang telah dilakukan oleh Perusahaan tersebut sebagai bentuk tanggung jawab sosial.

Tiga Platinum Awards (Penghargaan Tertinggi, red) berhasil diboyong pada malam penghargaan ICA 2020 yang digelar di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Jumat (6/11) lalu.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Corporate Forum For Community Development (CFCD) bekerja sama dengan Badan Standarisasi Nasional (BSN) dan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK) tersebut, diikuti tiga puluh sembilan perusahaan dengan seratus lima puluh satu program dan delapan perorangan.

Ketiga Platinum Award, diserahkan oleh Dra Sarwat Fardaniyah ketua Steering Committee ICA 2020 dan Prof. Dr. Ir. Hardinsyah MS ketua Komite CSR sekaligus  ketua Komite Penilai kepada manager Community Developmet (CD) Ramida Siringoringo dan Jandres Silalahi, direktur PT TPL.

Ramida Siringoringo manager Community Developmet (CD) TPL mengatakan, event tersebut digelar setiap tiga tahun sekali sebagai bentuk apresiasi terhadap kegiatan Coorporate Social Responsibility (CSR) yang telah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia dengan mengacu kepada SNI ISO 26000:2013 Panduan Tanggung Jawab Sosial. “Ini adalah yang ke-enam kalinya,” kata Ramida, sabtu (7/11).

Tiga program yang diajukan TPL meraih penghargaan dalam kategori bidang pelibatan dan pengembangan masyarakat yaitu program penciptaan lapangan kerja dan peningkatan keterampilan melalui program gerobak madu.

“Lalu kategori Bidang Pelibatan dan Pengembangan Masyarakat program Kesehatan melalui Program Toilet Sekolah dan yang terakhir adalah kategori bidang pelibatan dan pengembangan masyarakat program kesehatan melalui program infrastruktur desa sopo lestari,” ujarnya.

Menurut Ramida, ketiga program itu dipilih dengan mempertimbangkan keberlanjutan dan juga kemandiriannya setelah program dilakukan. Salahsatunya seperti program Infrastruktur Desa Sopo Lestari.

Dimana,  PT TPL memberikan bantuan dalam investasi sosial pembangunan gedung sopo dan pihak penerima Sopo Lestari telah berhasil mandiri dengan mengadakan struktur kepengurusan sopo. Serta telah memperoleh income dari sopo tersebut. Selain itu, program Sopo Lestari juga mendukung dalam mempertahankan kebudayaan adat masyarakat lokal. Hal serupa juga diberlakukan pada Program Toilet Sekolah dan Gerobak Madu yang sudah mandiri dalam pelaksanaannya.

Parameter penilaian dilakukan berdasarkan  triple bottom line yang meliputi lingkungan, sosial dan ekonomi. Diawali dengan mengisi form yang dilakukan oleh perusahaan dan dianalisa oleh juri. “Lalu dilakukan presentasi oleh perusahaan dan terakhir verifikasi lapangan secara langsung oleh juri,” jelasnya.

Ramida menegaskan dengan  adanya penghargaan tersebut merupakan tantangan baru bagi TPL untuk lebih mengembangkan program-program yang akan memberikan dampak lebih besar kepada masyarakat.

“Kedepannya, program-program lain akan semakin kita kembangkan untuk menjadi karya dan juga berdampak positif bagi masyarakat disekitar perusahaan. Kita juga berharap Toba Pulp Lestari dapat memperoleh penghargaan lain untuk kemajuan dan perbaikan yang lebih baik,”tandasnya.(sht/fi)

iklan usi



Back to top button