Ekonomi

PT Taspen Ganti Logo Baru, Ini Makna dan Filosofinya

JAKARTA, FaseBerita.ID– PT Taspen (Persero), BUMN yang menangani asuransi pensiun dan hari tua, me-launching logo baru sebagai bentuk representatif transformasi pelayanan yang lebih luas kepada para pensiunan. Logo baru itu pun disebut sebagai tunas yang besar namun tetap membumi.

“Pergantian logo ini merupakan suatu proses yang berkelanjutan dari apa yang telah diletakkan oleh para senior dan direksi, serta karyawan PT Taspen sebelumnya. Ini merupakan konsekuensi atau proses suatu perubahan,” ujar Direktur Utama PT Taspen Iqbal Latanro, dalam sambutannya di Jakarta, Kamis (19/12) lalu.

Iqbal mengatakan transformasi Taspen itu kini tidak hanya sekedar untuk membayar pensiun dengan baik. Namun sudah menjadi lembaga Aset Management yang besar serta akan mengurusi investasi untuk mengoptimalkan fungsi secara keseluruhan.

“Karenanya, dalam waktu dekat kami akan membuat investment management atau aset management yang kami buat untuk membantu, mengoptimalkan fungsi kami dalam mengelola investasi yang lebih sehat, sehingga tentunya perubahan ini membutuhkan spirit dan semangat baru untuk itulah kami melanjutkan transformasi dengan logo baru” jelasnya.

Iqbal menuturkan logo baru itu bernama TUNAS TASPEN yang berarti layaknya tunas yang tumbuh menjadi sebuah pohon yang kokoh, Taspen membumi dengan akar kuat dan terpancang. Bentuk daun ke atas tersebut mewakili visi Taspen untuk terus bergerak.

“Kami sangat yakin bahwa sesuatu itu dari Allah dan ini makna spirit yang akan kita lakukan. Kalau kita lihat pada logo kita, itu ada tunas, itu maknanya bahwa akan menjadi pohon yang semakin besar kuat dan kekuatan itu akan terpancar di PT Taspen dan membumi karena tunas itu masuk pada bumi,” ungkapnya.

“Kemudian bentuk daun mewakili visi Taspen untuk bergerak semakin besar dan akhirnya memberi kesejahteraan kepada para pensiun. Kita lihat bahwa secara tidak langsung program TASPEN SMART, peserta memperoleh lebih hit dari program program itu,” imbuhnya.

Ia juga mengungkapkan kreasi huruf ‘t’ kecil pada logo pertanda orang akan tersenyum kreatif tidak monotan dan selalu melihat solusi dari sebuah pelayanan yang dilakukan Taspen.

“Huruf kecil itu kami maknai juga dengan membumi dan bersahabat jadi orang Taspen itu tidak angkuh tidak sombong dan selalu berusaha mendalami mitra-mitra. Itu terlihat dari tingkat kepuasan nasabah yang mendekati jkurang lebih 99 persen untuk para pensiun dan 98 persen peserta aktif yamg mencerminkan bagaimana Taspen melakukan pelayanan,” bebernya.

“Kemudian warna, itu menandakan bahwa kami itu berkompeten, mengelola pensiun sehingga manfaatnya semakin besar, juga menandakan sifat kami stabil solid di representasikan dengan konteks tulisan Taspen berwarna light blue menjadi representatif dari kompeten yang saya sampaikan. Kemudian warna yellow yang ada itu menandakan akuntabiliti bahwa jelas pertanggung jawabannya,” pungkasnya.(dc/int)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button