Ekonomi

Potensi Psp dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Daerah

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Kota Padangsidimpuan disebut merupakan kota transit dari empat kabupaten sebagai daerah penyangganya. Sebagai kota yang memiliki moto; Salumpat Saindege ini, HIPMI Kota Padangsidimpuan coba menjentik daya kreatifitas pemuda milineal dalam upaya mengembangkan ekonomi kreatif daerah.

HIPMI Padangsidimpuan, bersama dengan Dr (Can) Edrida Pulungan SE MHI MSi yang merupakan penggiat sastra dan budayawan ini mengajak anak-anak muda untuk mempertahankan identitas daerah, sebagai bagian potensi ekonomi kreatif menyongsong Indonesia Emas 2045.

Dalam diskusi, Selasa (2/7) sore dengan tajuk; Ngobrol Inspiratif, Peran Pemuda Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Daerah Menuju Indonesia Emas 2045, itu. Edrida yang juga merupakan ASN di Sekretariat DPD RI ini bercerita banyak tentang berbagai daerah yang ekonomi warganya terbilang maju, di dalam dan luar negeri, yang umumnya kata dia memiliki identitas tersendiri, dari sudut budaya.

Maka, Edrida pun mengajak para pemuda milineal itu kembali mempelajari identitas daerahnya, dan kemudian mengembangkan itu sebagai potensi ekonomi kreatif daerah. Seperti halnya Kota Padangsidimpuan, yang merupakan kota transit dan minim potensi alamnya, maka potensi ekonomi itu bisa di disitribusi, penghubung dengan daerah-daerah lain di pantai barat Sumatera Utara ini.

“Pembangunan Indonesia ke depan juga berbasis di kearifan lokal, itu bisa juga memenuhi kebutuhan daerah berkompetisi dengan daerah lainnya. Makanya, budaya kita, seperti mangupa, tari jangan sampai hilang itu, sebab art salahsatu yang penting di era Indonesia emas 2045 dimana orang-orang itu harus melakukan tentang budaya asalnya,” ungkap Edrida.

Alumnus SMAN 2 Padangsidimpuan ini juga mengajak HIPMI untuk mulai membuat pemetaan pada potensi anak-anak muda yang bergabung di organisasi pengusaha muda ini. dan masing-masing anak muda ini nantinya yang akan menjadi penggerak ekonomi kreatif daerah.

Usai memaparkan materinya tentang ekonomi kreatif daerah, Edrida kemudian mengajak semua anakmuda yang turut dalam Ngobrol Inspiratif di Rumah Kreatif AKS Kopi, Batunadua, Kota Padangsidimpuan, itu untuk kemudian tanya-jawab dan berdiskusi.

Ketua BPC HIPMI Kota Padangsidimpuan, Muhammad Iqbal Harahap SE Msi menganggap diskusi dan kolaborasi menjadi hal yang penting demi menggaet gairah berusaha para pemuda. Jika dilakukan secara konsisten, menurut Iqbal, sedikit banyak akan ada hasilnya, meskipun sementara ini baru semacam wacana yang muncul dari hasil diskusi.

“Kolaborasi seperti ini mungkin di daerah lain sudah banyak dilakukan para pemuda. Namun , di daerah kita masih jarang. Jika ini konsisten dan secara terus menerus saya yakin akan memberikan dampak yang baik. Ini satu budaya juga. Nanti kita tinggal susun action plan-nya. Forum diskusi seperti ini akan terus kita lanjutkan, walaupun tidak atau belum action, tapi juga wacana ada,” katanya di penghujung acara diskusi ini. (san)

USI