Ekonomi

Petani Resah, Ratusan Rante Tanaman Jagung Diserang Ulat

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Ratusan rante tanaman jagung yang terletak di Dusun Buntu Barat, Nagori Dolok Tomuan, Kecamatan Dolok Panribuan diserang hama ulat.

Akibatnya masyarakat resah karena beberapa musim panen ini hasil produktifitas jagung sangat menurun, telah dilakukan penyemprotan namun ulat tetap menghinggapi daun jagung.

P boru Siahaan (27) Petani warga Dolok Tomuan, kepada awak koran ini, Selasa (2/7/2019),sekira Pukul 11.00 WIB, menerangkan bahwa banyak petani merugi akibat hama ulat tersebut.

“Ratusan hektar lahan jagung kena serangan ulat, sehingga memengaruhi perkembangan jagung, jadi hasilnya kurang maksimal, Petani pun mengalami kerugian beberapa musim terakhir ini,” ucapnya.

Menurut boru Siahaan hama tersebut menyerang tanaman jagung mulai umur 2 Minggu sampai 45 hari, sudah berkali kali disemprot namun hasilnya tidak memuaskan.

“Ngak tahu lagi pake apa obatnya, toh juga tak ada perubahan, penyuluh pertanian pun tak pernah turun memerhatikan pertanian disini, besar harapan kami agar kami dibantu Pemerintah supaya hama pada tanaman jagung ini bisa di basmi,” sebutnya.

Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Dolok Panribuan L Sidabutar saat dikonfirmasi via selulernya mengatakan bahwa pihaknya akan menyuruh Penyuluh setempat ke lokasi.

“Terimakasih informasinya, saya akan suruh penyuluh setempat bapak Edward supaya beliau langsung datang ke lokasi,” jawabnya.

Masih Ka UPTD menerangkan akan ada pengamat hama dan pengamat penyakit tanaman untuk mencek kelokasi.

“Besok kami kesana, nanti ada pengamat hama dan Pengamat penyakit datang ke lokasi melihat dan akan melakukan penyemprotan, hal ini juga sudah kita sampaikan ke Pemkab,” tandasnya. (Mag05)