Ekonomi

Petani Adalah Pejuang Kehidupan

TAPUT, FaseBerita.ID – Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan menggelar temu tani dengan kelompok tani dari beberapa kabupaten selain Kabupaten Tapanuli Utara, yang digelar PT Cap Panah Merah yakni, Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Karo di lahan pertanian tomat, Desa Silait-lait, Kecamatan Siborongborong, Kamis (6/2).

“Petani itu adalah pejuang kehidupan. Tanpa petani, masyakarat Indonesia tidak bisa menikmati makanan dan buah-buahan. Saya selalu sambut positif kegiatan yang sifatnya membangun sektor pertanian. Menemukan masalah masalah apa yang dihadapi dan apa solusinya. Disini juga penyuluh harus berperan aktif berkoordinasi dengan pihak perusahaan Cap Panah Merah apa apa yang bisa menjadi masukan bagi sektor pertanian kita,” ucap bupati didampingi Ketua DPRD Taput Ir Poltak Pakpahan, Asisten II Osmar Silalahi dan beberapa pimpinan OPD.

Selanjutnya, Bupati Taput menyampaikan, untuk menjaga agar petani tidak merugi,  Pemkab Taput sudah menghadirkan pasar lelang dan jaminan harga sejak tahun 2016.

“Penyuluh harus tetap buat terobosan terobosan di sektor pertanian, terus berinovasi dan lihat produk pertanian yang memiliki permintaan tinggi, seperti cabai merah dan juga tomat. Tetap berinovasi, cari solusi masalah dan penyuluh harus turun terus langsung ke lahan lahan pertanian masyarakat,” ujarnya.

“Kita juga sudah buat Akte Notaris bagi Kelompok Tani sebanyak 600 akte agar petani bisa mendapat bantuan bantuan di bidang pertanian, baik dari Kementerian Pertanian maupun pemerintah propinsi. Tetap semangat, tetap berjuang dan tetaplah jadi pejuang pejuang kehidupan,” sebutnya. Dalam kesempatan itu, salah seorang penyuluh pertanian Taput Opat Parulian Purba menyampaikan berbagai terobosan Pemkab Taput melalui penyuluh di bidang pertanian.

“Saya sangat bangga dengan Bupati Taput Bapak Nikson Nababan. Luar biasa perhatiannya kepada petani, selalu turun dan melihat langsung ke lahan lahan pertanian. Terimakasih pak Bupati,” ungkapnya.

Usai diskusi dengan petani, Bupati Taput lakukan panen perdana cabai merah lentur dan tomat ditandai dengan pengguntingan pita dan memetik langsung cabai merah dan tomat. (as/ahu)

Universitas Simalungun  
Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close