Ekonomi

Perkuat Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi

FaseBerita.ID – Bupati Asahan H Surya bersama melakukan kegiatan gerak tanam serentak padi sawah di Desa Serdang, Kecamatan Meranti Kabupaten Asahan, Jumat (12/6) dalam rangka memperkuat ketahanan pangan padi sawah, bersama petani setempat.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Asahan Oktoni Erianto, dalam laporannya mengatakan bahwa pelaksanaan gerakan  tanam  serentak padi sawah yang dilakukan pada hari ini adalah  dalam rangka mendukung program swasembada pangan berkelanjutan.

Oktoni mengatakan dengan pelaksanaan gerakan tanam serentak ini diharapkan adanya sinergitas positif antara semua pemangku kepentingan baik eksekutif, legislatif, swasta serta seluruh komponen masyarakat khususnya petani yang menjadi ujung tombak keberhasilan pembangunan sektor pertanian.

“Tahun 2020 telah direalisasikan bantuan benih padi untuk lahan seluas 2.025 Ha yang bersumber dari dana APBN 1600 Ha, APBD Propinsi 100 Ha dan APBD Kabupaten Asahan 325 Ha,” kata dia.

Sementara itu Bupati Asahan H Surya dalam sambutannya menyampaikan komitmen Pemerintah RI sangat serius dalam mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor  strategis ekonomi domestik dengan menitik beratkan pada kedaulatan pangan dan mensejahterakan petani.

“Saat pandemi Covid 19 sekarang ini, Pemerintah dihadapkan pada dua tantangan besar disektor pertanian yaitu mencukupi pasokan pangan dengan harga terjangkau disisi lain kesejahteraan petani juga harus diperhatikan” ucap H Surya.

Bupati juga mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Pertanian terus melakukan  upaya peningkatan produksi sebagai upaya percepatan swasembada pangan, upaya tersebut diwujudkan dengan membangun jaringan irigasi dari Sei silau untuk menaikkan debit air sungai bunut dan pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan sumber air untuk persawahan di Kecamatan meranti dan Kecamatan Rawang Panca Arga.

“Kepada petani di Kabupaten Asahan khususnya Kecamatan Meranti dan Kecamatan Rawang Panca Arga untuk tetap mempertahankan lahan pertaniannya,” sebut Surya. (per/sr)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button