Ekonomi

Penjualan Mobil Loyo, Asuransi Kendaraan Hanya Tumbuh 1,1 Persen

FaseBerita.ID – Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mencatat asuransi kendaraan bermotor mengalami perlambatan pertumbuhan. Hal ini seiring dengan melambatnya pertumbuhan penjualan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat.

Direktur Eksekutif AAUI Dody Dalimunthe mengungkapkan premi asuransi kendaraan bermotor kuartal III 2019 tercatat sebesar Rp 13,91 triliun tumbuh 1,1% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 13,76 triliun.

“Ini sesuai dengan data penjualan kendaraan bermotor roda empat yang turun pada kuartal III 2019,” kata dia dalam konferensi pers di kantor AAUI, Jakarta, Senin (18/11).

Dia menjelaskan berdasarkan data Gaikindo penjualan kendaraan bermotor roda dua kuartal III 2019 tercatat sebanyak 4,35 juta unit tumbuh 5% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya 4,16 juta unit.

Sementara itu untuk penjualan kendaraan bermotor roda dua 753.594 unit minus 12% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya 856.655 unit.

“Untuk klaim asuransi kendaraan bermotor tercatat Rp 6 triliun atau tumbuh 5,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp 5,68 triliun,” ujar dia.

Pangsa pasar premi asuransi kendaraan bermotor tercatat mengalami penurunan. Sebelumnya sebesar 28,7% turun menjadi 24%.

Secara keseluruhan hingga kuartal III 2019 tercatat Rp 57,9 triliun tumbuh 20,9% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 47,9 triliun.

Klaim kuartal III 2019 tercatat Rp 25,8 triliun tumbuh 28,8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 20,1 triliun.

Klaim ini paling banyak terjadi di semua lini usaha kecuali asuransi penerbangan atau pesawat udara dan tanggung gugat.

Seiring peningkatan klaim dibayar, rasio klaim dibayar pada kuartal III 2019 juga mengalami peningkatan menjadi 44,6% dari periode sebelumnya 41,6%.

Bunga Kredit Kendaraan Makin Murah

Masyarakat di Indonesia masih mengandalkan mobil sebagai moda transportasi sehingga tak heran sampai saat ini penjualan mobil di Indonesia masih mencatatkan angka yang tinggi.

Kini mendapatkan mobil juga sudah cukup mudah karena banyak lembaga pembiayaan yang menyediakan jasa kredit mobil. Mereka menawarkan suku bunga rendah, serta uang muka yang tidak akan membebani nasabah.

Bagi Anda yang hendak membeli mobil, Anda patut pertimbangkan hal-hal berikut.

Tipe mobil

Sudah banyak industri mobil yang terus melahirkan produk baru. Namun saat memilih tipe mobil, Anda sebagai konsumen perlu memahami kemampuan dan kebutuhan Anda sendiri.

Beli Sesuai Dengan Kemampuan

Anda harus mempertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan untuk membeli sebuah mobil. Coba lihat lagi tabungan Anda, karena ketika mengajukan kredit mobil akan ada uang muka yang harus dibayar dan tentukan tenor yang akan diambil saat kredit mobil.

Ambil Masa Tenor Yang Tepat

Kredit mobil biasanya akan memberikan jangka waktu cicilan atau tenor yang beragam. Biasanya pihak bank akan memberikan waktu mulai dari 1 tahun hingga 6 tahun.

Bagi Anda yang berencana membeli mobil baru dengan cara kredit, Anda bisa memanfaatkan program BCA Finance yang menurunkan suku bunga kredit mobil barunya sebagai berikut.

Selain penurunan suku bunga, BCA Finance juga menawarkan down payment (DP) ringan. Jadi bila sebelumnya DP yang diminta untuk dapat menggunakan bunga tersebut adalah DP 25%, saat ini dengan DP 20% kamu bisa menggunakan suku bunga yang sama.

Biasanya industri otomotif, semakin kecil DP membuat bunga semakin tinggi. Maka dari itu BCA Finance hadir memberikan bunga ringan serta DP yang ringan. Sehingga konsumen akan merasa senang dengan penurunan kredit dan DP ringan dari BCA Finance. (dtc/int)

Tags

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close