Ekonomi

Pengusaha Jasa Pengiriman Siap-siap Sambut Musim Belanja Daring

FaseBerita.ID – Tren belanja daring yang belakangan meningkat bakal mengerek permintaan terhadap layanan jasa pengiriman pada kuartal IV. Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, dan Logistik Indonesia Jawa Timur (Asperindo Jatim) optimistis permintaan dapat tumbuh signifi kan tahun ini. Bahkan bisa meningkat sampai 100 persen.

Ketua Asperindo Jatim Ardito Soepomo menyatakan, animo masyarakat untuk berbelanja daring masih tinggi. Bahkan akan terus meningkat.

Biasanya, kuartal IV menjadi momentum berbelanja lewat lokapasar bagi masyarakat karena ada banyak promo akhir tahun. Apalagi, sejumlah pihak mencanangkan program-program belanja daring berskala nasional.

“Tahun ini pasti meningkat. Penyebabnya, selain peningkatan organik, ada dampak pandemi yang mendorong transaksi lebih tinggi lagi,” jelas Ardito Minggu (18/10).

Menurut dia, pada kuartal IV tahun ini, bakal terjadi kenaikan permintaan sampai 100 persen jika dibandingkan dengan kuartal IV tahun lalu. Optimisme itu muncul setelah melihat catatan pada kuartal III. Tepatnya pada September.

“Pada event 10.10 lalu, realisasi lumayan banyak. Tapi, masih lebih tinggi pada 9.9 atau bulan sebelumnya. Mungkin karena situasi kurang kondusif jadi cenderung turun pada bulan ini,” paparnya.

Menyambut musim belanja daring, tentu para pelaku usaha harus menyiapkan layanan secara maksimal.

“Provider-provider besar dan yang menangani e-commerce telah melakukan persiapan matang,” ungkap Ardito.
Mereka menambah SDM, armada, dan cabang. Apalagi, saat ini jumlah pelaku usaha yang bekerja sama dengan lokapasar terus bertambah.

“Bagi provider jasa pengiriman, e-commerce merupakan napas,” tegas Ardito. (jp)

iklan usi