Ekonomi

Pemkab Tapteng 15 Ton Bantuan Benih Padi Disalurkan

FaseBerita.ID – Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani, didampingi Wakil Bupati Darwin Sitompul menyalurkan 15 ton benih padi Inpari (inbrida padi sawah irigasi) kepada 35 Kelompok Tani (poktan) se Kecamatan Sibabangun, Tapteng, Senin (31/8) lalu, bertempat di lapangan parkir pasar Sibabangun.

Penyalurkan bantuan benih padi Inpari merupakan salah satu upaya Pemkab Tapteng dalam intensifikasi pertanian padi yaitu melalui program peningkatan produksi beras. Operasionalisasi dari strategi peningkatan produktivitas diwujudkan melalui introduksi model PTT, yakni penanaman padi Inpari dan perbaikan intensifikasi padi melalui bantuan sarana produksi berupa bantuan subsidi pupuk termasuk pupuk organik serta benih varietas unggul baru padi inpari.

Bantuan 15 ton varietas unggul padi Inpari kepada 35 poktan se Kecamatan Sibabangun bersumber dari bantuan APBN Tahun Anggaran 2020. 35 poktan penerima bantuan benih padi ini memiliki sawah hamparan seluas 600 Hektare, dengan anggota 1.231 Kepala Keluarga (KK).

Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani menyebutkan, Inpari merupakan padi yang ditanam dilahan persawahan irigasi. Inpari mempunyai arti varietas yang dikembangkan dari satu tanaman melalui penyerbukan sendiri sehingga memliki tingkat kemurnian (homozigositas) yang tinggi.

Varietas Inpari memiliki banyak keunggulan diantaranya, hasil produksi panen tinggi dan memliki daya tahan terhadap organisme penggangu tanaman.

“Saya berharap padi Inbrida ini dapat digunakan sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian serta untuk menumbuhkankembangkan perekonomian masyarakat,” ujar Baktiar.

Panen Raya Bersama Poktan Desa Sibintang

Sebelumnya Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani bersama Wakil Bupati Darwin Sitompul, Pimpinan dan Anggota DPRD Tapteng bersama Kelompok Tani Jalan Beras melakukan panen raya padi sebanyak 180 ton yang merupakan varietas inpari 32 dengan produktifitas 7,2 Ton/Ha pada lahan pertanian seluas 25 Ha di Dusun II Desa Sibintang Kecamatan Sosorgadong.

Pada kesempatan itu, Bakhtiar Ahmad Sibarani menyampaikan apresiasi atas semangat para petani yang tergabung dalam kelompok tani untuk bekerja keras meningkatkan produktifitas hasil pertaniannya mewujudkan ketahanan pangan dan pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

“Atas nama pribadi dan pemda, saya sangat menyambut baik serta mengapresiasi atas diselenggarakannya Panen Raya Padi hari inidi Desa Sibintang. Mari kita sama-sama turun ke sawah,” ujar Bakhtiar, Sabtu (29/8).

Setelah melakukan Panen Raya Padi, Bakhtiar menyerahkan bantuan Benih Padi Inbrida Sawah sebanyak 23,125 ton yang berasal dari Tugas Pembantuan (TP) APBN Tahun Anggaran 2020, yang dialokasikan ke 6 Desa di Kecamatan Sosorgadong dengan penerima bantuan sebanyak 38 Poktan. Jumlah Anggota 38 Poktan itu sebanyak 1.710 Kepala Keluarga (KK) dan luas lahan pertanian 925 Ha.

“Bapak Ibu sekalian, saya akan membagikan Semprot Hama Elektrik kepada 38 Kelompok Tani, masing-masing Kelompok Tani mendapatkan 5 unit dan bisa digunakan bergantian. Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan hasil panen padi semakin meningkat. Pesan saya kepada Ketua Kelompok Tani, sebelum turun ke sawah, sebaiknya berdoa terlebih dahulu,”pesan Bakhtiar.

Sementara itu, Perwakilan Kelompok Tani, bermarga Simanjuntak mengatakan bahwa hasil produk panen padi ini mengalami peningkatan dari hasil sebelumnya.

“Harapan kami para petani agar bapak bupati terus memberi dukungan kepada para petani,”ucap Simanjuntak.(ztm/dh)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button