Ekonomi

Pemda Siap Bentangkan ‘Karpet Merah’ untuk Pengusaha REI

Pelantikan 4 Komisariat Real Estate Indonesia

SIANTAR, FaseBerita.ID– Bupati Simalungun Radiapoh  Hasiholan Sinaga memastikan pemerintah daerah akan memberikan dukungan penuh kepada pengusaha perumahan, yang mengembangkan usaha di daerah. Dukungan penuh tersebut juga kepada pengusaha yang tergabung dalam REI.

Hal tersebut disampaikan Radiapoh Hasiholan Sinaga saat menyampaikan sambutan pada pelantikan Komisariat Real Estate Indonesia Kabupaten Simalungun, Kota Siantar, Kabupaten Asahan dan Kota Tebing Tinggi oleh DPD REI Sumut, Kamis (2/12/2021) di Convention Hall Siantar Hotel, Pematangsiantar.

“Saya juga dari REI dan REI membentuk kepribadian saya. REI berpeluang mengubah wajah kota. Kita juga harus menghormati para bank-bank mitra. Pengurus REI itu pengabdian, tidak digaji,” kata Radiapoh, mantan pengusaha sukses mengembangkan perumahan di berbagai kota ini.

Radiapoh juga meminta semua urusan yang berkaitan dengan pengembang dan notaris dilakukan sesuai aturan dan berharap keberadaan REI bisa bertumbuh demi kesejahteraan bangsa.

“Karena sekarang semua sudah online, mari kita kerjakan sesuai aturan. Tidak ada alasan pemerintah tidak memberi karpet merah kepada pengembang,” ujarnya diiringi tepuk tangan hadirin.

Sementara Wakil Walikota Pematangsiantar Togar Sitorus tak lupa mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus REI Komisariat Pematangsiantar, Simalungun, Tebing Tinggi dan Asahan yang baru saja dilantik.

Sementara Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Sumatera Utara Ir Andi Atmoko Panggabean mengatakan bahwa kebutuhan per tahun rumah di Sumut saat ini sebanyak 500 ribu unit. Dari jumlah itu, perusahaan pengembang di bawah naungan REI hanya bisa memproduksi 20 ribu rumah setahun.

Menurut Andi, selain target REI Sumut, yakni melantik pengurus Komisariat REI Labuhanbatu, wilayah Tabagsel dan Kepulauan Nias sebelum Rakerda pada Februari 2022 mendatang, REI juga harus fokus sebagai garda terdepan membangun perumahan rakyat sampai ke daerah-daerah, bahkan pelosok Sumatera Utara.

“Saat ini REI Sumut beranggotakan 365 perusahaan dan kebutuhan rumah di Sumatera Utara tahun 2022 adalah 500 ribu unit. Kalau secara nasional, 11 juta rumah,” katanya, seraya mengucapkan selamat kepada pengurus Komisariat REI empat kota kabupaten yang dilantik.

Ketua Komisariat REI Pematangsiantar Gabriel Pandiangan dalam sambutannya mengajak para developer untuk berusaha sekuat tenaga dan kokoh di masa pandemi.

“Kami siap berkontribusi dan bekerjasama dengan pemerintah dan berbagai pihak lain dalam pembangunan perumahan, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah,” kata Gabriel.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelantikan Hj Deri Sutraningsih mengatakan pelantikan REI empat kabupaten-kota ini adalah untuk masa bakti 2021-2024. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara, termasuk saat melakukan audiensi beberapa waktu lalu. “Semoga dengan pelantikan ini, REI bisa berkontribusi dengan baik,” kata Deri.

Acara pelantikan itu sendiri dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan dan dimulai dengan doa, menyanyikan Lagu Indonesia Raya serta hening cipta, juga himne REI. Sebelum pelantikan, pengurus REI secara bersama-sama membacakan Sapta Brata REI.

Adapun Pengurus REI Komisariat Pematangsiantar yang dilantik; Ketua Gabriel Pandiangan, Sekretaris Vivi Juli Andrita Panggabean dan Bendahara Hj Deri Sutraningsih MSi. Kabupaten Simalungun; Penasehat Irjen Pol Purn Drs M Wagner Damanik, Ketua Boston RH Purba, Sekretaris Roy Anhar Sinambela SE dan Bendahara Ardiansyah. Sedangkan REI Komisariat Tebing Tinggi dipimpin oleh Ketua Ansari Azhar dan Asahan diketuai Zulpan Siregar.

Acara pelantikan turut dihadiri Wakil Ketua Pembiayaan DPP REI H Umar Husein SE MM, Wakil Kepala Wilayah BTN Regional 4 Sumatera Sepmaedi Anada, Pimpinan BRI Ishak Luthfia, perwakilan Bank Sumut, perwakilan Bank Mandiri, dan para mitra REI.(esa/fabe)