Ekonomi

Menteri Koperasi Minta Pemda Berjibaku Antisipasi Krisis Ekonomi

Pelatihan UMKM di Kawasan Danau Toba

PARAPAT, FaseBerita.ID– Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki meminta agar pemerintah daerah (Pemda) berjibaku membantu pemulihan ekonomi khususnya menggerakkan perekonomian masyarakat di wilayah Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas.

Hal itu disampaikan Menkop Teten Masduki pada pembukaan Pelatihan Koperasi dan UMKM yang diselenggarakan serentak di kawasan Danau Toba, Rabu (26/8) di Hotel Niagara Parapat. Dan pusat harus berjibaku Agar di kuartal ke III triwulan ke III ekonomi bisa reborn dan terhindar dari krisis ekonomi

Kesempatan itu Menteri KopUKM Teten Masduki membuka langsung dengan resmi pelatihan di wilayah Danau Toba sekaligus memaparkan langkah langkah pemerintah menyelamatkan perekonomian Indonesia akibat pandemi Covid 19.

“Sesuai arahan Presiden agar Pemda dan pusat harus berjibaku di kuartal ke-III triwulan ke-III, agar Indonesia terhindar dari krisis ekonomi,” ungkap Teten Masduki.

Pemerintah, katanya, berusaha membantu pemulihan ekonomi terkhusus menggerakkan perekonomian masyarakat di wilayah Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas, yang saat ini terdampak pandemi Covid-19 terlebih bidang UMKM.

Sehingga pemerintah sedang menyusun program agar perekonomian tidak masuk ke dalam krisis ekonomi.

Disebutkan, surplus neraca ekonomi awal kuartal III berada di minus 5.2 %. Sehingga diharapkan akhir kuartal III, bisa mengalami peningkatan yang positif sehingga bisa keluar dari krisis ekonomi.

Pembukaan yang digelar pada hari kedua pelatihan ini, dimana pelatihan telah dilaksanakan satu hari sebelum (25-27/08/2020), di ikuti secara daring melalui meeting zoom oleh 540 peserta dari kelas pelatihan masing-masing di empat kabupaten/kota peserta pelatihan.

Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki disambut dengan penganugerahan baju adat kebesaran Simalungun oleh penatua Partuha Maujana Simalungun sekaligus suguhan tarian somba etnik Simalungun yang dibawa oleh penari penari tradisional Simalungun.

Kesempatan itu Panitia Pelaksana Kegiatan pelatihan Arif Rahman menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini berasal dari anggota koperasi dan UMKM di wilayah Danau Toba sebagai Destinasi Super Prioritas.

Peserta pelatihan berasal dari 18 angkatan/kelas dengan jumlah peserta 540 orang dari empat kabupaten/kota (Simalungun, Pematang Siantar, Toba dan Samosir).

Selanjutnya sebagai tuan rumah, Sekda Pemkab Simalungun Mixnon Andreas Simamora menyambut kedatangan Menteri Teten Masduki di bumi Habonaron Do Bona.(aos/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button