Ekonomi

Pedagang ATC Sidimpuan Optimis Bisa Usaha Lagi

FaseBerita.ID – Plaza ATC Kota Padangsidimpuan tutup selama dua pekan sejak 4 April hingga 18 April nanti. Selama itu pula, puluhan pedagang tidak bisa membuka usahanya. Dan Rabu (8/4) kemarin, mereka melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh toko, kios dan sudut bangunan pusat perbelanjaan itu.

Disinfekstan (Membunuh infeksi virus dengan cairan kimia) secara swadaya oleh pedagang dan dibantu pihak Kecamatan Padangsidimpuan Utara ini guna memutus dan mencegah kemungkinan persebaran infeksi virus corona penyebab Covid-19 yang kini jadi pandemi global ini.

“Kami ingin bangkit dan kembali lagi bisa berdagang dengan nyaman dan para pengunjung aman. Kami sebelumnya sudah sepakat tutup selama dua minggu, karena menurut informasi masa inkubasi virus ini terjadi selama dua minggu,” terang perwakilan Himpunan Pedagang ATC, Ismail Marzuki Rambe.

Kondisi ini memang memukul bagi para pedagang, di tengah perekonomian masyarakat secara luas tengah terpuruk. Namun untuk bisa kembali berdagang lagi, gedung ATC harus dipastikan steril disamping mentaati ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Karena hingga kini belum ada kebijakan pemerintah kepada sejumlah pedagang, baik di Sangkumpal Bonang dan Plaza ATC. Tetapi rencananya, pada Tanggal 15 nanti, kita secara serentak Sangkumpal Bonang dan ATC akan melakukan penyemprotan disinfektan kembali,” kata Ismail.

Diketahui, Pasar Sangkumpal Bonang dan Plaza ATC merupakan dua pusat perbelanjaan di Kota Padangsidimpuan, dengan gedung yang saling berhubungan. Saat kasus PDP pertama kemarin, aktivitas jual-beli di sana sementara terhenti.

Karena itu, pedagang pun berinisiatif untuk menghidupkan kembali aktivitas pasar dengan mematuhi berbagai ketentuan, dan menjaga keamanan serta kenyamanan bersama. Dan mereka optimis bisa berusaha dan menjaga upaya pemutusan rantai penyebaran dengan mengikuti ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

“Tentunya cuci tangan dan menggunakan masker itu akan kita gerakkan, untuk mencegah penyebaran virus corona itu,” kata pemilik toko perlengkapan adat itu.

Sementara Wakil Wali Kota Padangsidimpuan Arwin Siregar di tempat yang sama menuturkan agar warga dan setiap pemilik toko nanti pada penyemprotan berikutnya untuk meluangkan waktu membantu.

“Tim akan melakukan penyemprotan disinfeksi massal di area Pasar Sangkumpal Bonang dan Plaza ATC,” ajaknya. (san)