Ekonomi

Panen Perdana Bawang Merah dan Cabai Merah di Psp: 2 Bulan Petani Untung Rp15 Juta

FaseBerita.ID – Jajaran Pemerintah Kota Padangsidimpuan (Psp) melakukan Panen Perdana tanaman Bawang Merah dan Cabai Merah, di Desa Joring Natobang, Kecamatan Psp Angkola Julu, Rabu (12/2).

Panen itu diikuti langsung Walikota Psp Irsan Efendi Nasution bersama jajarannya. Kedatangan Orang Nomor 1 di Psp ini disambut antusias oleh masyarakat Kecamatan Psp Angkola Julu. Irsan dan rombongan disambut dengan margondang oleh Naposo Nauli Bulung binaan Desa Joring Natobang.

Irsan menyampaikan rasa berbahagia atas penyambutan masyarakat dengan suasana yang sejuk, terasa seperti pulang kampung.

Walikota Padangsidimpuan didampingi anggota DPRD Padangsidimpuan Feriansyah Hasibuan, Kadis Pertanian, Kadis Kominfo meninjau lahan budidaya bawang merah dan cabai merah dan turut melalukan panen.

Ia mengatakan melalui Dinas Pertanian sinergitas dengan pemangku kepentingan di Angkola Julu ini bisa memaksimalkan sumber daya alam yang dimiliki.

“Dengan luas lahan 2.500 meter persegi, bisa menghasilkan 1 ton bawang, bila harga bawang di pasaran Rp25 ribu per kilogram. Maka yang didapatkan petani sebesar Rp25 juta, dengan biaya produksi termasuk upah, sebesar Rp10 juta. Maka yang dihasilkan petani bisa Rp15 juta bersih dalam waktu 2 bulan,” kata Irsan.

Sebelumnya lahan yang sama digunakan untuk bertani padi, hanya menghasilkan 90 kaleng padi dengan harga Rp50 ribu per kaleng. Sehingga yang didapat hanya Rp4,5 juta dengan membutuh waktu 4 Bulan untuk panen.

“Kita bersyukur Angkola Julu ini cocok untuk budidaya bawang merah, kita ingin Angkola Julu menjadi sentral dari produksi bawang untuk kebutuhan pasar di Padangsidimpuan dan serkitarnya. Dengan upaya dan ikhtiar kita dalam menjaga inflasi di Kota Padangsidimpuan, dimana komoditas bawang merah yang cukup fluktuatif menjadi salah satu penyebab inflasi daerah,” pesan Irsan.

“Kita berharap dengan panen perdana ini dapat memotivasi masyarakat petani untuk memulai mengalihkan lahannya untuk berfokus pada komoditas bawang merah dan tanaman cabai ini,” tambahnya.

Turut hadir Walikota, Anggota DPRD, Kadis Pertanian, Kadis Kominfo, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Camat Psp Angkola Julu, TNI, Polri, para Kepala Desa. (bsl)

Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close