Ekonomi

Menko Luhut Panjaitan: Cashback Belanja Produk UMKM hingga Rp750 Ribu

FaseBerita.ID – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, 17 Agustus 2020 akan menjadi momen peluncuran 2 program besar pemerintah dalam rangka percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui dukungan terhadap UMKM.

Dalam akun Instagram resminya @luhut.pandjaitan, mantan perwira Kopassus ini menjelaskan pihaknya tengah menyiapkan program stimulus tambahan untuk meningkatkan daya beli masyarakat untuk produk-produk dalam negeri atau hasil produksi UMKM.

“Dalam rangka momen 75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, saya sebagai bagian dari pemerintah Indonesia merasa perlu untuk memberikan program stimulus tambahan bagi masyarakat sebagai konsumen untuk berbelanja produk dalam negeri buatan UMKM/IKM kita,” ujar Luhut, Minggu (9/8)

Program ini, lanjutnya, secara teknis akan memberikan cashback belanja produk UMKM hingga Rp750 ribu per konsumen, dengan catatan, belanjanya dilakukan melalui platform transaksi non-tunai, yaitu melalui transfer bank atau dompet digital.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat agar bisa masuk dan beradaptasi di era digitalisasi.

“Program ini nantinya akan memberikan potongan berupa cashback maksimal hingga Rp 750 ribu per konsumen,” jelas Luhut.

“Untuk itulah stimulus ini saya peruntukkan kepada para konsumen yang berbelanja lewat transaksi ‘non-cash’ via bank ataupun dompet digital, dan tentunya harus berbelanja produk UMKM dalam negeri, bukan produk buatan luar negeri lewat seluruh platform ekonomi digital yang sudah dikenal di Indonesia,” lanjutnya. (int)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button