Ekonomi

Mengenal Peer to Peer Lending: Temu Responden BI Pematangsiantar

SIANTAR, FaseBerita.ID – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematangsiantar kembali menggelar acara temu Responden Survei dan Liaison yang dihadiri sekitar 250 peserta. Mereka merupakan responden berbagai survei yang dilaksanakan Bank Indonesia serta UMKM di wilayah Pematangsiantar dan Simalungun.

Temu Responden tahun ini mengangkat topik teknologi finansial yang tengah berkembang di masyarakat. Tema “Mengenal Peer to Peer (P2P) Lending; Keuntungan dan Risikonya” dibawakan oleh PT. Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran), Akseleran merupakan merupakan satu dari 10 platform P2P terbaik di Indonesia berdasarkan publikasi dan penilaian KPMG dalam Fintech Edge 2018.

Elly Tjan selaku pimpinan KPw BI menyampaikan bahwa kegiatan survei dan liaison memiliki fungsi strategis dalam pencapaian tujuan tunggal Bank Indonesia yaitu mencapai dan menjaga kestabilan nilai rupiah. Oleh karena itulah, KPw BI Pematangsiantar menyampaikan apresiasinya kepada para responden yang telah bekerjasama dengan Bank Indonesia.

Elly Tjan memaparkan bahwa Bank Indonesia membutuhkan informasi dini mengenai aktivitas perkembangan harga yang di antaranya dilakukan melalui Survei Pemantauan Harga (SPH) mingguan dan survei Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) yang dilakukan secara harian, khusus pada 10 komoditas pangan strategis. Untuk memperluas akses informasi kepada masyarakat dan mengurangi informasi asimetris harga pangan, survei PIHPS juga telah diperluas ke Pedagang Besar yang dilaksanakan secara mingguan, serta ke Produsen yang dilakukan secara bulanan.

Informasi harga pangan, khususnya pada 10 komoditas strategis tersebut, dapat diakses melalui aplikasi “Harga Pangan” yang dapat diunduh pada smart phone. Tidak hanya itu, untuk mengetahui perkembangan ekonomi terkini di sektor riil, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar juga melakukan Survei Kondisi Dunia Usaha (SKDU) dan kegiatan Liaison (in depth interview) kepada pelaku usaha di sektor ekonomi utama.

Kegiatan SKDU dilakukan secara triwulanan kepada pelaku usaha di seluruh sektor ekonomi, yang mencakup kondisi usaha pada triwulan berjalan dan perkiraan di triwulan yang akan datang. Sementara kegiatan liaison merupakan kegiatan yang berbentuk wawancara langsung kepada berbagai pelaku usaha di sektor ekonomi utama di wilayah kerja KPw BI Pematangsiantar. (pam/pra)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button