Ekonomi

Mahasiswa Dimotivasi Buka Usaha Kopi

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – PLN Padangsidimpuan membuka Rumah Kreatif BUMN sebagai wadah dalam menggali dan belajar potensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya calon wirausahawan di Kota Padangsidimpuan, Rabu (4/9/2019). Ada 15 mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan turut belajar di sini dalam usaha kopi.

Ke-15 belas mahasiswa ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang kuliah di Polbangtan Medan. Di sini, mereka sesungguhnya masa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Desa Simaninggir, Kecamatan Sipirok.

Untuk melengkapi pengalaman mahasiswa, Sholih Pohan sebagai pengelola RKB PLN di Komplek Kantor UP3 PLN Padangsidimpuan, Batunadua berbagi ilmu dengan mahasiswa tentang usaha kopi, sebagai bagian dalam pembangunan pertanian khususnya kopi Sipirok.

Dari hulu sampai hilir, dari proses penanaman, pemilahan buah hingga pengupasan bahkan roasting dan brewing-nya mereka telah diajarkan oleh Sholih yang juga merupakan pemilik Angkola Kopi Sipirok (AKS) itu.

“Harapannya, ini bisa memotivasi masyarakat dalam menjalankan UMKM. Mereka sudah punya pemahaman dalam menjalankan UMKM. Semua gratis. Inilah buah kerjasama dengan Rumah Kreatif BUMN,” ujar Sholih.

Kegiatan itu disambut positif oleh mahasiswa. Masda, perwakilan mahasiswa mengatakan, KKL mereka berlangsung dari 14 Agustus sampai 14 September mendatang. Dalam masa ini, mereka telah diajarkan mengenal berbagai jenis kopi dari Arabika, Robusta, Liberika dan Ekselsa, dan cara membedakannya.

“Harapannya, ilmu tentang kopi ini nantinya bisa diterapkan dalam mengembangkan kopi dan memberdayakan para petani,” kata mahasiswi asal Medan itu.

Di RKB PLN, Sholih juga mengajarkan kepada mahasiswa bagaimana mempersiapkan bisnis atau usaha kopi secara mandiri dengan modal yang terjangkau. Namun ia menekankan, bila harus terlebih dahulu mempersiapkan rencana, pengetahuan dan terakhir taksasi modal perihal usaha yang ingin dibangun.

Tentang Rumah Kreatif, perwakilan PLN Padangsidimpuan Dian Herizal menjelaskan, kegiatan itu merupakan salahsatu CSR PLN dan dipercayakan untuk menjadi rumah kreatif PLN. Kegiatan itu diharapkan berguna bagi masyarakat Tabagsel khususnya Padangsidimpuan, pemilik UMKM bisa naik kelas dan mandiri dengan edukasi dan berbagi di RKB.

“Kita siapkan pelatihan ini secara gratis dan disupport PLN peduli,” katanya.

Sholih Pohan menerangkan, selain pelatihan, di RKB juga tersedia perangkat komputer yang bisa online dan digunakan untuk belajar sekaligus fasilitas dalam mempromosikan produk peserta atau anggota RKB.

Selain itu ada mini foto studio, berfungsi untuk mengambil gambar produk, agar terlihat profesional dan layak tayang secara online maupun cetak dalam media promosi.

“Juga diajarkan bagaimana packaging dan branding. Bebas tanpa biaya. Mahasiswa kita ajarkan bagaimana memulai sebuah usaha,” pungkasya. (san)

iklan usi



Back to top button