Ekonomi

KPPN Sibolga Serahkan DIPA APBN 2020

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sibolga, Kamis (12/12) menyerahkan DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) petikan Tahun 2020 APBN untuk akselerasi daya saing melalui inovasi dan penguatan kualitas SDM Sibolga kepada instansi di Sibolga dan kabupaten Tapanuli Tengah.

 

Penyerahan DIPA oleh kepala kantor KPPN Sibolga Isulinda Peranginangin juga dihadiri Danrem 023/KS Kol.Tri Sakti, Bupati Tapteng Bahtiar Ahmad Sibarani, wakil walikota Sibolga Edi Polo Sitanggang, mewakili para pimpinan instansi vertikal kota Sibolga dan Tapanuli Tengah.

Kepala KPPN Sibolga Isulinda Peranginangin dalam sambutannya menyampaikan, bahwa penyerahan yang dilakukan secara simbolis kepada 10 satuan kerja yang berasal dari Sibolga dan Tapanuli Tengah adalah untuk pendanaan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan tahun 2020.

“Belanja Negara di kota Sibolga dan Tapanuli Tengah mencapai Rp 799, 68 miliar. Sedangkan untuk alokasi transfer ke daerah untuk dana desa di Tapanuli Tengah dialokasikan sebesar sebesar Rp144, 35 Milyar, dana DAK fisik Rp 123,35 M dengan pembagian kota Sibolga Rp 34,85 M dan Tapanuli Tengah Rp 88,5 M. Dana intensif daerah untuk kota Sibolga sebesar Rp 47, 86 M. Alokasi dana tersebut diharapkan dapat digunakan dengan efektif dan akuntabel untuk peningkatan serta pemerataan pembangunan di seluruh pelosok,”jelasnya.

Isulinda berharap melalui DIPA 2020, semua dapat melaksanakan perubahan cara bergerak dan mindset masing-masing serta meninggalkan pola-pola lama, menyegerakan belanja terutama belanja modal dari DIPA-DIPA yang sudah diserahkan.

Sementara itu mewakili pemerintah Sibolga dan Tapteng, Wakil Walikota Sibolga, Edi Polo Sitanggang dalam sambutannya menyampaikan perlunya perbaikan tata kelola keuangan. Percepatan penyerahan DIPA ini dapat menjadi upaya untuk dapat memaksimalkan pembangunan.

“Kemampuan pengelolaan anggaran perlu ditingkatkan terus untuk mewujudkan Good Governance,”jelasnya.
Sementara itu, Danrem 023/KS Kol. Tri Sakti dalam sambutannya menyampaikan bahwa penjelasan dari Kepala KPPN Sibolga tadi, semuanya sudah jelas.

“Namun kita berharap kiranya ada perbaikan pengelolaan anggaran dari pengalaman pengalaman yang sudah berjalan pada tahun tahun sebelumnya, jika memang ada perubahan-perubahan anggaran dari rencana yang sebelumnya sudah dibuat, kita tidak ingin ini disebut penyalahgunaan,”jelasnya.
Tri berharap kepada satuan pengguna dan pengelola anggaran agar dapat tetap bekerja sama dengan pihak KPPN terutama dalam koordinasi dalam pengelolaan anggaran.

Usai sambutan, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis kepada perwakilan satuan kerja di kota Sibolga dan Tapanuli Tengah, dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada satuan kerja yang berprestasi dalam pengelolaan anggaran untuk triwulan III tahun 2019.

Untuk pengelolaan anggaran terbaik kurang dari Rp 4 M, peringkat I KSOP Sibolga, peringkat II Pengadilan Agama Sibolga, peringkat III Stasiun Meterologi Sibolga. Untuk Kategori pengelolaan anggaran Rp4 M hingga Rp 10 M terbaik, yakni KSOP Sibolga I, BPS Tapteng II dan KPU Sibolga peringkat III. Untuk Rp10 M hingga Rp 30 M, terbaik I Lanal Sibolga, II Polres Sibolga yang juga pengelola anggaran terbaik di Poldasu, dan terbaik III KPP Pratama Sibolga. Untuk kategori di atas Rp 30 M lebih, terbaik I Polres Tapteng, II Distrik Navigasi Sibolga dan terbaik III Korem 023/KS. (MIS)

 

Unefa

Pascasarjana


Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close