Ekonomi

Koperasi CU Hatirongga Gelar Rapat Anggota Tahun Buku 2019

SIANTAR, FaseBerita.ID-Rapat Anggota Tahunan (RAT) Umum Koperasi CU Hatirongga tahun 2019 digelar, Selasa (7/7/2020).

Rapat dipimpin Ketua CU Hatirongga Herman Sipayung didampingi oleh Manager CU Hatirongga Paulus Sinaga secara online melalui aplikasi zoom di Kantor Hatirongga Jalan Sisimangaraja Kota Siantar.

Dijelaskan Herman Sipayung, rapat secara daring dilakukan dalam upaya mencegah penyebaran covid-19.

Peserta rapat merupakan komisaris dan perwakilan CU Hatirongga di berbagai daerah.

RAT, lanjut Herman Sipayung, merupakan wujud dari akuntabilitas dan transparansi sebuah koperasi. Maka pelaksanaan rapat anggota tahunan adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pengurus dan pengawas untuk menyusun dan mempertanggungjawabkan  keuangan selama satu tahun buku dalam bentuk laporan pertanggungjawaban kepada rapat anggota sesuai dengan amanah UU No. 25 tahun 1992 dan telah dituangkan dalam Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Kopdit/ CU HATIRONGGA.

Setelah dilaksanakan RAT Tingkat Rayon di- 7 (wilayah) pelayanan Kopdit/ CU Hatirongga yang dimulai awal Maret 2020, maka untuk pengesahan/ finalisasi seluruh masukan dan usulan dari seluruh rayon akan dilaksanakan RAT umum untuk laporan untuk pertanggung jawaban pengurus dan pengawas tahun buku 2019 dan  pengesahan rencana program dan keuangan tahun buku  2020.

Di era pandemi Covid 19 ini, sesuai dengan amanah peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Nomor 19/PER/ M.KUKM/IX/2015 tentang penyelenggaraan Rapat anggota Koperasi Pasal 16 : Pelaksanaan rapat anggota Koperasi dapat dilakukan melalui media telekonferensi, Vidio konferensi, atau sarana media elektronik lainya, serta surat Rokemendasi Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatra Utara No: 518/5/02/Sekrt/VI/2020, tanggal 12 Juni 2020  telah mengijinkan Kopdit/CU Hatirongga untuk dapat melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Induk Secara Virtual  (Online ).

Dalam rapat tahunan CU Hatirongga tersebut turut hadir dari perwakilan Dinas Koperasi Kota Siantar, Kabupaten Simalungun, bahkan dari Dinas Koperasi Sumatera Utara.

Herman Sipayung, Ketua CU Hatirongga didampingi oleh Paulus Sinaga Manager CU Hatirongga menerangkan diadakan rapat umum disetujui oleh anggota.

Pada saat ini tidak diadakan tata tertib Persidangan  seperti biasa rapat umum sebelumnya. Kita senang dan bersyukur, tidak ada anggota CU Hatirongga yang terinfeksi Covid 19.

Menurut Paulus sinaga , Kondisi darurat covid 19 ini merupakan bencana nasional bahkan dunia. Kondisi ini “memaksa” kita  harus siap menggunakan teknologi dalam mendukung/menjalankan seluruh program yang ada. Tentu hal ini juga dilakukan untuk membantu mengurangi penyebaran virus covid 19 ditengah tengah masyarakat.

Hasil Rapat Anggota Tahunan ( RAT ) Umum TB 2019 Kopdit/Cu Hatirongga dituangkan dalam berita acara yang disyahkan pimpinan rapat dan diketahui oleh Dinas Koperasi provinsi sumatera utara.

Sementara Plt Dinas Koperasi Sumut Dr. Ridho Haikal Amal,SH MH menysmpaikan bahwa di Provinsi Sumatra Utara baru dua koperasi yang melaksanakan secara onlane rapat umum seperti yang diadakan CU Hatirongga. Untuk wilayah Siantar Simalungun baru Kopdit/ CU Hatirongga yang pertama melaksanakan RAT umum secara virtual (Online).

“Ini patut diaspirasi juga lantaran selama ini tidak ada permasalahan bahkan dengan situasi sekarang ini bisa juga menerapkan rapat dengan baik,”terang  Haikal.(ros/fi)

USI