Ekonomi

Kemenpora Bekali Pemuda Humbahas Tumbuhkan Minat Kewirausahaan

HUMBAHAS, FaseBerita.ID – Kementerian Pemuda Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI)  melalui Asisten Deputi Kewirausahaan Bidang Pengembangan Pemuda, bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) memberikan pembekalan terhadap ratusan pemuda di daerah itu.

Mereka dibekali penumbuhan minat kewirausahaan pada berbagai bidang UKM (Usaha Kecil Menengah) melalui sosoialisasi Penumbuhan Minat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda Humbahas, yang di pusatkan di Aula Hutamas, Kompleks Tano Tubu Doloksanggul, Kamis (14/11/2019).

Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Bidang Pengembangan Pemuda Toni Poniman mengatakan, kegiatan ini bertujuan menumbuhkan semangat, minat wirausaha di kalangan pemuda, sehingga dapat bergandengan tangan dan berjalan selaras dengan pemerintah daerah dan lingkungan sosial. Pemuda diharapkan mampu memanajemen potensi diri dalam pengembangan usaha dari segi permodalan, pemasaran, inovasi, kreatif serta memiliki jiwa kepemimpinan dan  berdaya saing.

Senada disampaikan Asdep Kepeloporan Pemuda Wisler Manalu. Dikatakannya, sejak dini pemerintah memikirkan perencanaan kualitas sumber daya manusia dari kapasitas di bidang kewirausahaan pemuda.

“Menggali dan memotivasi generasi muda yang berpikir untuk mampu mengembangkan diri,” kata Wisler.

Sementara itu, Kadispora Humbahas JW Purba menyambut baik kegiatan tersebut. Dia berharap, dengan adanya kegiatan tadi, akan melahirkan wirausaha muda atau pelaku UKM.

Secara khusus untuk siswa SMK, melalui kegiatan pengembangan kewirausahaan pemuda supaya berpikir menjadi pengusaha. “Setelah lulus, kalau tidak melanjutkan sekolah tinggi, supaya menciptakan lapangan kerja. Bukan pencari lapangan,” harapnya.

Sugiarto, salah satu peserta kegiatan menyebutkan bahwa kegiatan penumbuhan minat kewirausahaan dikalangan pemuda Humbahas akan mendorong peluang usaha baru. Berbagai potensi sumber daya alam akan di Humbahas dapat dikembangkan. Dengan demikian, semakin banyak dunia usaha saling mendukung pertumbuhan usaha bidang lainnya. “Kegiatan ini merupakan terobosan baru dari pemerintah dalam mendampingi dunia usaha,” ujaranya. “Sejak awal, saya tertarik dengan usaha bidang kopi, karena ide itu didukung potensi kopi yang cukup melimpah dan kualitas di Humbahas,” tandasnya. (ss/ahu)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close