Ekonomi

Kanwil Sumut II Kebagian Target Penerimaan 2020 Sebesar Rp6,495 Triliun

FaseBerita.ID – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Utara II telah melaksanakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) I dengan tema ‘Strategi Perluasan Basis Pemajakan dan Sinergi Untuk Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Untuk Indonesia Maju’, bertempat di Convention Hall Simalem Resort, Kabupaten Karo yang berlangsung selama 4 (empat) hari, 11 hingga 14 Februari 2020 lalu.

Kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 150 orang terdiri dari Para Kepala KPP dan KP2KP, Pejabat Pengawas, Fungsional Pemeriksa Pajak dan Penilai, Account Representative, dan Pelaksana di lingkungan Kanwil DJP Sumut II.

Pada kesempatan ini pula hadir Direktur Pemeriksaan dan Penagihan DJP Irawan sebagai Liaison Officer (LO) dan Tenaga Pengkaji Bidang Ekstensifikasi dan Intensifikasi Perpajakan Max Darmawan sebagai narasumber.

Adapun poin aktual terhadap pelaksanaan Rakorda ini yakni pembagian rencana penerimaan tahun 2020 yang tumbuh sebesar 4,87 persen jika dibanding renpen 2019 sebesar Rp6,193 triliun dengan renpen 2020 sebesar Rp6,495 triliun.

Hal ini berarti terdapat pertambahan renpen sebesar Rp302 miliar dari tahun lalu. Lebih lanjut secara rinci pembagian rencana penerimaan (renpen) tahun 2020 dan persentase pertumbuhan (% growth) dari masing-masing Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama yang berada di bawah Kanwil DJP Sumut II dapat diurut dari renpen yang terbesar yakni KPP Pratama Padangsidimpuan sebesar Rp1,252 triliun (14,98 persen), KPP Pratama Rantau Prapat sebesar Rp1,143 triliun (-10,59%), KPP Pratama Pematangsiantar sebesar Rp1,094 Triliun (19,04%), KPP Pratama Kisaran sebesar Rp1,009 triliun (-5,53%), KPP Pratama Sibolga sebesar Rp566 miliar (4,64%), KPP Pratama Balige Rp554 miliar (20,55%), KPP Pratama Tebing Tinggi sebesar Rp536 miliar (3,35%), dan KPP Pratama Kabanjahe sebesar Rp336 miliar (6,47%).

Oleh karena itu di kesempatan Rakorda ini, Kakanwil DJP Sumut II menekankan bahwa rencana penerimaan yang telah ditentukan harus dilaksanakan dan dipenuhi.

Ia juga mengajak kepada seluruh Kepala KPP untuk berjibaku dalam setiap kinerja dan berkomitmen minimal dapat meraih pencapaian 100%.

“Jadikan ini tanggung jawab kita bersama, amanah ini harus dikawal, tentunya dengan segala kinerja yang ada, pasti kita mampu meraihnya,” ujar Romadhaniah.

Dalam meraih pencapain itu tentu adanya peran aktif para stakeholder yakni Lembaga, Perusahaan, Masyarakat, dan terutama Wajib Pajak. Ia berharap antara DJP dan Wajib Pajak hendaknya saling bersinergi dalam rangka pemenuhan kewajiban perpajakannya secara baik dan lancar.

“Saya terus mendoakan agar usaha dan kegiatan Wajib Pajak-Wajib Pajak kita terus meningkat, dilimpahkan kesehatan dan kesejahteraan,” Ia menandaskan.

Hal ini pula, dalam implementasinya Kanwil DJP Sumut II bersama-sama dengan unit-unit kerja dibawahnya untuk senantiasa terus meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak dalam melaporkan kewajiban perpajakan secara komprehensif, kontinu, dan lebih efektif.

Hal ini diharapkan dapat menjadi pemicu atas keberhasilan kinerja untuk meluaskan basis pemajakan dalam rangka optimalisasi penerimaan perpajakan.

Di tahun 2020 ini, Kanwil DJP Sumut II akan senantiasa optimis dan berkomitmen dapat mencapai kinerja yang lebih baik lagi dengan melakukan berbagai kebijakan-kebijakan terutama terhadap potensi perpajakan yang masih belum tergali tanpa menghambat iklim investasi dan usaha Wajib Pajak di wilayah Kanwil DJP Sumut II.

Kemudian dengan berbagai kegiatan dialog dan edukasi perpajakan juga diharapkan akan semakin digiatkan secara faktual untuk memberi pemahaman tentang hak dan kewajiban perpajakan secara luas.

Pun pemanfaatan data perpajakan melalui kerjasama dengan pihak lain serta hasil penyampaian data Wajib Pajak dalam pemenuhan data regional wilayah serta pihak ketiga dapat dioptimalkan guna mendukung tercapainya penerimaan pajak yang optimal. (rel)

Universitas Simalungun  
Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close