Ekonomi

Jeruk Bisa Jadi Pilihan Oleh-oleh dari Simalungun

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Kecamatan Dolok Silau, yang dikenal dengan kesuburan tanahnya siap mendukung perkembangan wisata Danau Toba, khususnya dalam hal pertanian.

Salahsatunya mengembangkan tanaman jeruk, yang nantinya bisa dijadikan sebagai salahsatu buah tangan (oleh-oleh, red) wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba.

Apalagi, saat ini, program pemerintah untuk mengembangkan wisata Danau Toba dinilai serius, yakni dengan adanya pembangunan atau pelebaran jalan. Misalnya saja, pembangunan jalan tol dari Lubuk Pakam hingga Kecamatan Dolok Silau.

Pelebaran jalan tersebut disambut bahagian oleh masyarakat. Apalagi saat ini, masyarakat di sana sudah banyak yang mengembangkan tanaman jeruk.

Amatan wartawan, Jumat (10/1) petani di Dolok Silau sudah banyak yang fokus menanam jeruk. Bahkan, kini tanaman jeruk itu sudah ada berusia 2 tahun, bahkan sudah ada yang mulai berbuah.

Hampir semua perladangan berisi tanaman jeruk. Bahkan, diperkirakan, saat ini, tanaman jeruk di daerah ini sudah mencapai ribuan batang.

Marga Sipayung, salah seorang warga Dolok Silau mengatakan, sebagai petani, dia siap mengembangkan tanaman jeruk sebagai salahsatu dukungan untuk wisata Danau Toba.

“Kita selalu siap untuk itu. Apalagi kondisi jalan sudah bagus, petani di sini semakin mantap untuk memajukan pertanian. Apabila askes jalan sudah bagus, saya yakin, petani di sini bisa sukses. Sebab, dari sini bisa tembus ke Berastagi. Bahkan, seandainya objek wisata Danau Toba nantinya sudah berkembang, maka buah jeruk bisa dijadikan oleh-oleh dari Simalungun. Bayangkan saja kalau di daerah ini rata-rata petaninya menanam jeruk,” katanya.

Pangulu Nagori Silau Marawan Sahat Martuah Sipayung, juga sependapat dengan warganya.

“Kita sependapat dengan itu. Kita siap mengembangkan Danau Toba. Kita siap mendukung terutama Kecamatan Dolok Silau, yang nantinya bisa dijadikan sebagai penghasil jeruk di samping penghasil sayur mayur. Bahkan, buah jeruk nantinya bisa kita jadikan menjadi oleh-oleh dari Simalungun,” kata Pangulu. (ros/fe)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close