Ekonomi

Jelang Ramadan, Stok Pangan di Tanjungbalai Relatif Aman

FaseBerita.ID – Guna mengetahui kondisi ketersediaan dan harga bahan pangan di Kota Tanjungbalai menjelang bulan suci Ramadan, Walikota Tanjungbalai HM Syahrial melakukan monitoring ke Pasar Suprapto, Kota Tanjungbalai. Hasilnya, diketahui ketersediaan bahan pangan relatif aman dengan harga yang relatif stabil.

Walikota didampingi Kasatgas Pangan AKP Selamat Kurniawan Harefa, mewakili Lanal TBA Kapten Laut (PM) Marwiansyah Damanik (AL), Balai POM, Plt Kadis Perindag Tanjungbalai Nurmalini Marpaung, Kadis Kominfo Walman Riadi P Girsang, Kadis Pertanian drh Muslim, dan sejumlah pejabat terkait, mengelilingi Pasar Suprapto dan berkomunikasi ke setiap pedagang yang dilintasinya.

Seperti pedagang beras, gula, minyak, daging, telur, ikan, bawang, cabai, sayur-sayuran, dan lain sebagainya. Kepada para pedagang, walikota mananyakan ketersediaan barang, kondisi harga hingga hal-hal lain yang dihadapi  menjelang bulan Ramadan.

“Harga bahan pangan tadi sudah dicek di area dalam dan luar pasar, relatif stabil. Adapun yang fluktiatif yakni bawang putih yang harganya naik, secara umum saya lihat masih terjaga stabilitas kebutuhan pokok,” ujar walikota, Kamis (2/5).

Seperti halnya harga daging, lanjut walikota, stabil pada harga Rp115.000per Kg. Begitu juga dengan harga daging ayam. Beras mengalami kenaikan Rp200 per Kg, cabai merah berkisar diharga Rp42.000 hingga Rp45.000 per Kg, dan harga minyak goreng masih stabil.

“Kegiatan hari ini kita temukan bahwasanya harga bawang putih memang melonjak dan sulit didapatkan oleh masyarakat, jadi tindakan dari pemerintah melalui Dinas Perindag akan mengirimkan surat ke provinsi agar bisa mendorong komoditi bawang putih, khususnya kebutuhan masyarakat Tanjungbalai. Mudah-mudahan dengan kita mengirim surat bisa memberikan kontribusi kepada daerah kita, artinya kegiatan ini kerjasama Pemerintah Kota Tanjungbalai dengan Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Utara,” terang HM Syahrial. (ck-02/ahu)

iklan usi



Back to top button