Ekonomi

Jelang Idul Fitri Pemko Sibolga Gelar Pasar Murah

FaseBerita.ID – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Pemko Sibolga melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) dan TP PKK Kota Sibolga menggelar Pasar murah, di kawasan Pasar Dewa Sakti Sibolga, Jumat (15/5).

Hadir dalam pembukaan pasar murah itu, Wakil Walikota Sibolga Edi Polo Sitanggang, Dandim 0211/TT Letkol Inf Dadang Alex, Danlanal Letkol Laut (P) Andris Benhard Marimbun Simaremare, Wakapolres Sibolga Kompol Sutrisno, mewakili Kajari Sibolga Dayan Pasaribu, Sekda Kota Sibolga M Yusuf Batubara, para staf ahli, para asisten, para Pimpinan OPD, Camat dan Lurah se-Kota Sibolga.

Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk dalam sambutannya menyampaikan, pencanangan pasar murah itu dilakukan khusus untuk masyarakat yang merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah.

“Kegiatan pasar murah ini juga sebagai kepedulian terhadap masyarakat kurang mampu, sekaligus sebagai salah satu upaya Pemerintah Kota Sibolga untuk mengantisipasi harga kebutuhan pokok masyarakat, agar tidak terjadi laju inflasi yang mengakibatkan melemahnya perekonomian di Kota Sibolga,” ujarnya.

Dia juga menghimbau kepada distributor/pedagang, agar tidak melakukan penimbunan barang dan menaikkan harga barang kebutuhan pokok yang mengakibatkan konsumen atau masyarakat kesulitan memperoleh barang yang dibutuhkan.

“Kami harapkan seluruh distributor untuk tidak menumpuk komoditas yang dibutuhkan masyarakat banyak di saat perayaan Idul Fitri ini,” tegasnya.

Syarfi juga menyampaikan, dalam pasar murah tahun ini komoditas beras tidak lagi dimasukkan dalam pasar murah, sebab beras sudah banyak didapatkan warga Sibolga, sehingga stok beras warga sampai lebaran diperkirakan sudah cukup.

“Dikarenakan ini mau lebaran, maka saya perintahkan Dinas Perindag menyediakan tepung, mentega, sirup, susu, dan kacang untuk kebutuhan lebaran di Pasar Murah,” tegas Syarfi.

Sebelumnya Kadis Perindag Agung Mariani Barus melaporkan, sasaran pendistribusian paket pasar murah itu adalah warga ekonomi lemah, khususnya yang merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H. “Dengan jumlah sasaran pendistribusian paket pasar murah sebanyak 3.278 kepala keluarga (KK) yang tersebar di 4 Kecamatan se Kota Sibolga. Kegiatan ini dilakukan di 9 titik mulai tanggal 15 Mei hingga tanggal 23 Mei,” jelasnya.

Dia menyebutkan, dalam pasar murah yang disubsidi Pemko Sibolga sebesar 40 persen itu dijual 6 komoditas saja yakni gula pasir dengan harga Rp.11.000/kg pembelian maksimal 2 kg, kacang tanah dengan harga Rp.19.000 pembelian maksimal 1 kg, tepung terigu dengan harga Rp.7000/kg pembelian maksimal 2 kg.

“Kemudian susu kental manis dengan harga Rp.7000/kaleng pembelian maksimal 2 kaleng, mentega ukuran 200 gr harga Rp.4000/sachet pembelian maksimal 2 sachet dan sirup dengan harga Rp.15.000/botol dengan pembelian maksimal 2 botol,” jelasnya. (rb)