Ekonomi

Imbas Covid-19, Harga Komoditi Pertanian Anjlok

FaseBerita.ID – Imbas dari merebaknya virus Corona (Covid-19) saat ini, harga komoditi pertanian seperti cabai merah, tomat, bawang putih dan bawang merah di Tanjungbalai drastis turun.

Harga eceran di pasar tradisional didapati cabai merah hanya Rp 20 ribu per kg, harga tomat Rp 6 ribu per kg, bawang merah Rp 40 ribu dan bawang putih Rp 25 ribu per kg.

Hal itu sesuai amatan wartawan di beberapa pasar tradisional seperti di Pasar Bahagia dan Pasar Bengawan Tanjungbalai, Senin (20/4).

Salah seorang pedagang di Pasar Bahagia, Boru Simbolon mengatakan bahwa turunnya harga komoditi pertanian itu dikarenakan imbas dari merebaknya virus Corona (Covid-19) saat ini sehingga hasil pertanian dari daerah penghasil komoditi pertanian seperti Berastagi membludak masuk ke Tanjungbalai. Sementara daya beli masyarakat juga ikut berkurang.

“Sebelumnya, harga normal cabai merah mencapai Rp 40-50 ribu per kg. Tapi saat ini, harganya turun drastis. Mungkin karena pasokan hasil pertanian dari daerah Berastagi membludak masuk saat ini. Yang biasanya bisa di ekspor, tapi sejak virus corona ini tidak bisa lagi. Akibatnya, banyak masuk ke Tanjungbalai dengan harga murah,” ucap Boru Simbolon sambil mengatakan dirinya membeli barang dagangannya langsung dari distributor dari Berastagi.

Senada juga diungkapkan Pinem, salah seorang distributor komoditi pertanian seperti cabai, tomat, bawang dan rempah rempah lainnya dari Berastagi ke Tanjungbalai yang mengeluhkan anjloknya harga komoditi pertanian tersebut.

“Cabai merah kita jual ke pengecer itu hanya Rp 15 ribu per kg, tomat jauh lebih murah Rp 3 ribu per kg. Harganya itu drastis turun sejak merebaknya virus corona ini. Hal itu karena pintu keluar dari Berastagi ditutup, sementara hasil bumi petani membludak dan daya beli masyarakat juga berkurang, alhasil berimbas juga ke harganya,” ucap Pinem. (ck04/rah)