Ekonomi

HIPMI Padangsidimpuan Bincang Entrepreneur Bareng Muda-mudi

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Rombongan Bidang Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatera Utara dan HIPMI Padangsidimpuan, Minggu (30/6/2019) diskusi dan berbincang seputar kewirausahaan, pemuda dan entrepreuner bareng pemuda, di AKS Kopi, Batunadua, Kota Padangsidimpuan.

Ketua BPC HIPMI Kota Padangsidimpuan, Muhammad Iqbal Harahap MSi terlebih dahulu memperkenalkan sejumlah kader HIPMI yang hadir, beserta produk dan usaha yang ditekuni masing-masing. Begitu juga dari OKK HIPMI Sumut, mereka pun membagikan kiat dan cerita sejumlah usaha beserta peluangnya.

Iqbal mengungkapkan, bila selama ini HIPMI juga telah berperan menawarkan berbagai produk dan usaha yang ditekuni kadernya. Seperti produk madu, olahan salak dan kopi. Di samping itu, diketahui HIPMI Kota Padangsidimpuan terus membangun komunikasi dengan berbagai Bank di Kota Padangsidimpuan, guna menjamin dan memudahkan anggotanya mendapatkan permodalan.

Ketua OKK HIPMI Sumut, Firmansyah menerangkan, bila HIPMI kedepannya harus menunjukkan kehadirannya di masyarakat umum. Dan menurutnya, HIPMI juga harus mengajak pemuda bergabung, meskipun pada dasarnya belum memiliki usaha.

“Gabung aja, mudah-mudahan setelah gabung dia bisa kita ajak membuka usaha sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya,” ajaknya.

Firmansyah juga mengatakan, bila produk-produk lokal yang dibina HIPMI Kota Padangsidimpuan harus selalu ditunjukkan kepada para tetamu. Dan itu akan menjadi buah tangan bagi mereka, sebagai bagian pengenalan produk itu sendiri, ke Provinsi misalnya.

“Ya kita setiap kunjungan ke cabang-cabang, harus ada beli ole-ole, produk HIPMI cabang. Jadi sekalian pengenalannya ke sana (Provinsi),” kata Firman.

Selain diskusi tentang pemuda, entrepreuner dan peluang usaha serta kewirausahaan. Dalam pertemuan bersama OKK HIPMI Sumut ini, juga membahas reposisi organisasi yang memasuki masa bakti baru.

OKK HIPMI Sumut lainnya, Juanda, menuturkan bila HIPMI Kota Padangsidimpuan merupakan salahsatu cabang terbaik di Sumut, yang sebelumnya tidak mereka perhitungkan. Dan ia berharap, bila calon ketua umum HIPMI Padangsidimpuan yang akan datang, harus bisa lebih baik dari Iqbal.

“Tanggungjawabnya pasti lebih berat, karena HIPMI Padangsidimpuan sekarang ini cabang yang sangat menonjol di provinsi,” katanya.

Dalam waktu dekat, kata Juanda, BPD HIPMI Sumut juga akan mengadakan rapat kerja daerah sekaligus pendidikan dan latiha daerah (DIklatda) kader HIPMI. Namun waktunya belum dipastikan mengingat akan menyesuaikan jadwal salahsatu Menteri yang akan dihadirkan. (san)

USI