Ekonomi

Harga Kelapa Kopra Anjlok

ASAHAN, FaseBerita.ID – Turunnya harga kelapa kopra di Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan, membuat petani setempat mengeluh, dan minta Pemkab Asahan menstabilkan harga kepala.

Soleh Marpaung (34) selaku tokoh pemuda Kecamatan Sei Kepayang melalui media ini, Sabtu (24/8/2019), berharap agar pemerintah bisa mengatasi turunnya harga kelapa kopra.

“Dengan anjloknya harga kelapa berdampak bagi kehidupan sehari-hari masyarakat, karena kelapa lah sumber mata pencaharian masyarakat disini. Dulunya harga kelapa penjualan masyarakat dari Rp7200 kini menjadi Rp2000 per buah,” katanya.

Pria yang merupakan putra dari petani kopra di Kecamatan Sei Kepayang ini mengatakan, sangat sedih dan miris dengan kondisi harga kelapa yang begitu anjlok.

“Saya meminta kepada pemerintah untuk hadir dengan kondisi harga kopra yang begini jatuh. Menyikapi persoalan harga kelapa ini, saya menilai karena tidak adanya regulasi yang diatur pemerintah terhadap perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Asahan ini,” sebutnya lagi.

Enam kecamatan di Asahan yang berpenghasilan dari kelapa kopra yaitu Kecamatan Sei Kepayang, Sei Kepayang Barat, Sei Kepayang Timur, Tanjungbalai, Air Joman, dan Silau Laut.

Sementara, Kadis Koperindag Asahan Witoyo tak berhasil ditemui di kantornya, sejumlah stafnya mengaku Kadis sedang di lapangan. (ck-01/ahu)

iklan usi