Ekonomi

Harga Emas di Level Tertinggi, Buyback Antam jadi Rp 927.000

FaseBerita.ID – Harga emas melonjak ke level tertinggi sepanjang masa, pada Senin (3/8), karena kekhawatiran atas kejatuhan ekonomi akibat kenaikan kasus Covid-19. Meningkatnya kasus virus korona mendorong permintaan aset safe haven, meskipun terbatas oleh kenaikan dolar AS.

Harga emas di pasar spot stabil di USD 1.973,94 per ounce pada 02.54 GMT, setelah mencapai rekor tertingginya di USD 1.984,66 pada awal perdagangan Asia. Sementara itu harga emas berjangka AS naik 0,3 persen menjadi USD 1.992,3.

“Sentimen di pasar memburuk. Pertama karena meningkatnya tingkat infeksi menjadi masalah nyata bagi dunia dan dukungan nyata untuk harga emas. Dia juga mendorong kenaikan dolar AS menjadi lebih tinggi,” kata Michael McCarthy, kepala strategi di CMC Markets, dikutip dari Reuters.

Kasus-kasus infeksi virus korona terus meningkat di Amerika Serikat (AS) dan menembus lebih dari 17,96 juta secara global. Nainya kasus Covid-19 dan memanasnya hubungan AS-Tiongkok merusak harapan untuk pemulihan ekonomi yang lebih cepat.

Sehingga mendorong aset safe haven seperti emas mengalami peningktan harga 30 persen sejak awal tahun. “Emas juga memperlihatkan permintaan atas safe haven karena subsidi untuk pengangguran berakhir Jumat akan mempengaruhi pendapatan konsumen AS dan pengeluaran, Bank Sentra AS akan tetap dovish,” ujar analis Phillip Futures.

Anggota parlemen AS berjuang untuk menuntaskan rencana stimulus baru.
Kepala Staf Gedung Putih Mark Meadows, pada Minggu (2/8) mengatakan, dia tidak terlalu yakin akan terjadi kesepakatan jangka pendek untuk tagihan bantuan virus korona.

Membatasi kenaikan emas, indeks dolar naik 0,2 persen menyentuh level terendah sejak Mei 2018. Dolar yang lebih lemah, juga dianggap sebagai saingan safe haven, membuat emas lebih murah bagi pemegang mata uang lain.

Sementara itu, aktivitas pabrik di Tiongkok meluas dengan laju tercepat selama hampir satu dekade pada Juli kemarin. Spekulan mengurangi posisi bullish mereka di emas COMEX dan kontrak perak dalam seminggu hingga 28 Juli.

Di sisi lain, harga perak turun 0,2 persen menjadi USD 24,32 per ounce, harga platinum turun 0,9 persen menjadi USD 899,04, dan harga paladium turun 1,1 persen menjadi USD 2,068,29.

Mengutip situs logam mulia, harga emas batangan Antam pecahan 1 gram dijual Rp 1.028.000, stagnan dibandingkan posisi 1 Agustus. Sedangkan harga pembelian kembalinya (buyback) dibanderol Rp 927.000 per gram, naik Rp 1.000 dibandingkan posisi 1 Agustus.(jp/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button