Ekonomi

Harga Elpiji 3 Kg Rp30 Ribu per Tabung; Mau Tak Mau Tetap Dibeli

PALAS, FaseBerita.ID – Harga per tabung gas elpiji ukuran 3 kilogram (Kg) di Kabupaten Palas melambung. Diperkirakan, sejak dua pekan belakangan ini, harga gas 3 Kg mencapai Rp30 ribu per tabung di tingkat pengecer dan kios penjual eceran.

Harga yang melambung di atas HET itu diduga dipicu kekosongan dan kelangkaan tabung gas 3 Kg. Mau tak mau harga Rp30 ribu per tabung tetap dibeli.

“Sejak dua minggu inilah (susah dapat tabung gas). Kalaupun ada, harganya Rp30 ribu, padahal biasanya dibeli Rp18 ribu,” kata Masni Hasibuan, salah seorang konsumen yang berdomisili di Kelurahan Pasar Sibuhuan.

Kekosongan gas ini hampir merata di inti ibukota Sibuhuan. Harganya juga tidak jauh berbeda. “Iya, saya baru beli Rp30 ribu, baru naik ini yang sebelumnya juga harganya di tingkat pengecer Rp18 ribu. Mungkin lusa akan terus naik sampai Rp40 ribu,” ujar Ibu Ani, konsumen lainnya.

Kedua ibu rumah tangga ini hanya berharap, kelangkaan gas tidak terus terjadi yang seiring dengan kenaikan harga. Terlebih, gas ini merupakan kebutuhan kalangan ibu rumah tangga untuk keperluan memasak sehari-hari.

“Kalau bisa diperhatikan pemerintah lagilah, diawasi. Harga stabil dan barang mudah didapat. Itu aja,” ketus ibu-ibu ini berharap. (tan)