Ekonomi

Harga Bawang Putih Turun, Rp36 Ribu per Kg

KISARAN, FaseBerita.ID – Harga bawang putih di pasar tradisional Kota Kisaran kembali normal dan kini dijual Rp36 ribu per kg.

Penurunan ini membuat ibu rumah tangga sedikit lega. Sebab awal Ramadan lalu harga bawang putih sempat menyentuh di angka Rp90 ribu per kg.

“Syukurlah harga bawang putih sudah turun. Sekarang sudah normal. Rp36 ribu per kilogram,” kata Boru Pakpahan di Pasar Inpres Kisaran, Selasa (21/5).

Kembalinya harga bawang putih menjadi normal sejak beberapa hari terakhir. Penyebabnya bisa jadi pasokan bawang putih impor semakin banyak di pasaran hingga pasokan di tingkat distributor melimpah.

Meski demikian, harga jual Rp36 ribu dinilai masih tergolong tinggi mengingat sebelum Ramadan hanya berkisar Rp26 ribu-Rp28 ribu per kg.

“Soal harga tidak bisa kita pastikan apakah apakah akan turun atau naik lagi. Bisa saja kan naik lagi menjelang lebaran,” ujarnya.

Sementara itu, beberapa komoditas lain seperti cabai merah, cabai rawit, bawang merah, telur ayam masih stabil. Cabai merah Rp38 ribu per kg.

Kepala Dinas Koperindag Asahan Drs Witoyo membenarkan harga bawang putih tingkat pengecer sudah turun.
Harga bawang putih di pasaran saat ini sudah ada yang menjual Rp36 ribu dari sebelumnya Rp90 ribu.

“Perlahan sudah turun meski belum mencapai level normal,” ujarnya.

Pemerintah terus berupaya untuk mengendalikan harga, terutama bahan kebutuhan pokok seperti gula pasir, minyak goreng, telur ayam, daging, beras, bawang merah, bawang putih, dan lainnya.

Pihaknya juga mengklaim rutin memantau harga ke pasar tradisional maupun modern untuk mengecek ketersediaan maupun harga. (Per)

USI