Ekonomi

Harga Bawang Putih Rp45 Ribu per Kg

FaseBerita.ID – Harga komoditi bawang putih di Kabupaten Asahan, sepekan menjelang Ramadan terus merangkak naik, yang saat ini harganya mencapai Rp45.000 per kilogram.

Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Asahan melalui Kabid Perdagangan Emran, di Kisaran,  Senin (29/4) mengatakan, secara umum berbagai harga bahan pokok relatif stabil dan cukup di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Asahan,  kecuali untuk bawang putih harganya naik sangat drastis.

Naiknya harga bawang putih tersebut, kata dia, karena pasokan yang sudah menipis.

“Diawal bulan April harganya berkisar Rp26.000 dan diakhir bulan April Rp45.000 per kilogram atau naik sekitar 73 persen,” katanya.

Untuk menekan harga bawang putih tersebut, Emran menjelaskan pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumut bahwa dengan waktu tidak terlalu lama pihak importir akan segera mendistribusikan komoditi bawang putih tersebut.

“Kami akan terus monitoring harga di pasar dan harapan kami bawang putih bisa segera turun harga sekaligus semoga harga stabil menjelang Ramadan,” katanya. (ant/int)

iklan usi



Back to top button