Ekonomi

Gelar UMKM Expo, Pertamina Targetkan Transaksi Capai Rp7,5 M

FaseBerita.ID – PT Pertamina (Persero) akan menggelar Pertamina SMEXPO 2020 mulai besok, Rabu hingga Jumat ini, 9-11 September 2020 secara virtual. Expo ini sebagai bentuk dukungan perseroan kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di tengah masa pandemi Covid-19.

Acara bertema “Digitalisasi Usaha Kecil, Bikin Bangga Indonesia” ini ditargetkan akan menjaring transaksi dengan nilai lebih dari Rp 7,5 miliar. Sementara jumlah pengunjung kegiatan ini ditargetkan mencapai 10.000 pengunjung meski dilakukan secara virtual.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Tajudin Noor mengatakan expo ini akan menampilkan produk-produk dari 100 mitra binaan perseroan yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan, produk yang ditampilkan akan mencapai 1.226 jenis.

“Ada 1.226 jenis produk dengan target penjualan minimal Rp 7,5 miliar. Kami harap penjualan bisa lebih dari Rp 7,5 miliar. Banyak produk berupa fashion, masker, herbal penguat imun, kerajinan, batik, dan lainnya,” paparnya dalam konferensi pers virtual untuk meluncurkan acara “Pertamina SMEXPO 2020”, Selasa, (8/9).

Tajudin berharap agar sejumlah BUMN lainnya turut membantu UMKM ini dengan cara membeli produk yang dipamerkan ini. Dengan demikian, UMKM bisa berkembang ke depannya dan menjadi mitra strategis.

“Diharapkan BUMN ini bisa dapatkan barang dan jasa UMKM ini, sehingga BUMN menjadi salah satu aktor yang turut membantu teman-teman UMKM tetap bisa bersaing,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, produk-produk UMKM yang banyak dibeli saat ini adalah produk-produk yang berkaitan dan berguna dalam mencegah penularan Covid-19 seperti masker, produk herbal, dan sebagainya.

Tajudin juga berharap agar produk-produk UMKM ini bisa merambah ke pasar ekspor.

“Pertamina Expo 2020 ini menjadi bentuk kontribusi Pertamina terhadap mitra dengan sediakan pasar. Tidak hanya market place tapi juga bina mereka, baik teknis dan manajemen,” ungkap Tajudin.

Tahun ini Pertamina menargetkan akan menjaring sebanyak 8.000 mitra binaan. Di masa pandemi ini pihaknya berharap agar UMKM mampu beradaptasi dengan normal baru dengan go digital.

“Di SMEXPO 2020 ini semua bisa berinteraksi dan diharapkan bisa melatih untuk bertransaksi secara digital, sehingga makin masif dengan digital,” harapnya.

Tertarik untuk ikut membeli dan mendukung produk UMKM dalam negeri ini? Yuk langsung jelajahi situs www.pertaminasmexpo.com. Pendaftaran gratis dan bisa langsung berinteraksi dengan setiap booth virtual UMKM. Selamat berbelanja. (int)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button