Ekonomi

Gaji ke-13 PNS Simalungun Cair, Radiapoh Titip Pesan

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID-Terhitung sejak Rabu (9/6) Pemkab Simalungun mulai mencairkan gaji ke-13 seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN). Pembayaran gaji tersebut langsung ditransfer ke rekening masing-masing ASN.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS) menyampaikan, “gaji ke-13 itu kan memang hak para ASN. Jadi, kita lakukan percepatan penyampaiannya sesuai mekanisme yang sudah ditetapkan.”

RHS tetap mengingatkan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta seluruh staf, agar tidak melakukan pengutipan dalam bentuk apapun terhadap gaji ke-13 para ASN.

“Sekali lagi, gaji ke-13 itu merupakan hak setiap ASN, dan jangan ada terdengar pengutipan apapun,” katanya.

Kepada para ASN yang menerima gaji ke-13, RHS menyampaikan agar menggunakan dan memanfaatkan gaji tersebut untuk kebutuhan pokok yang benar-benar diperlukan.

“Kenapa kita cairkan di bulan Juni? Sesuai peraturan yang berlaku, pada bulan ini para ASN akan direpotkan mempersiapkan biaya pendidikan anak-anaknya. Kita berharap gaji ke-13 tersebut dapat membantu meringankan biaya keperluan anak-anak mereka, apalagi dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini,” kata RHS.

Plt Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten Simalungun, Frans N Saragih di ruang kerjanya di Pamatang Raya, Rabu (9/6) membenarkan sudah dimulainya pencairan gaji ke-13 ASN di lingkungan Pemkab Simalungun.

“Ya, sudah mulai pencairan gaji ke-13, dan diperhitungkan dua hingga tiga hari ke depan sudah selesai. Gaji ke-13 ditransfer ke rekening masing-masing ASN,” kata Frans.

Frans menjelaskan, lazimnya gaji ke-13 dicairkan bulan Juni, karena gaji tersebut akan digunakan salah satunya untuk biaya pendidikan anak sekolah.

“Itu salah satu tujuan pencairan gaji ke-13 dilaksanakan pada bulan Juni,” kata Frans.(rel/fabe)

USI