Ekonomi

Freeport Klaim 92 Persen Karyawan Terinfeksi Covid-19 Sembuh

JAKARTA, FaseBerita.ID – Perusahaan tambang PT Freeport Indonesia menyampaikan, hingga Maret hingga saat ini, terhitung sebanyak 350 karyawannya terinfeksi Covid-19.

Presiden Direktur Freeport Indonesia Tony Wenas menyebut, karenanya kota Tembagapura sempat diisolasi guna mencegah penularan.

“Karyawan kami juga ada yang terinfeksi, jumlahnya cukup tinggi. Makanya saat itu kami isolasi Tembagapura. Secara kumulatif ada lebih dari 300, sekitar 350 karyawan,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (17/8/2020).

Meskipun demikian, Tony menyebut, persentase karyawan sembuh juga cukup tinggi yaitu sebesar 92 persen. Saat ini, jumlah karyawan yang masih berjuang sembuh dari Covid-19 tinggal 26 orang.

Karyawan yang masih terinfeksi diisolasi di barak khusus. Tidak di rumah sakit dan tidak menggunakan ventilator.

“Memang tinggi, namun dengan kesembuhan yang tinggi juga,” imbuhnya.

Tony juga menjelaskan, sejak awal kasus Covid-19, pihaknya menyediakan tambahan tenaga medis sebanyak 60 orang dan dua mesin polymerase chain reaction (PCR) untuk mendiagnosa adanya material genetik virus Covid-19 pada tubuh manusia. Tony mengungkapkan, hingga saat ini terdapat lebih dari 14 ribu karyawan tambang Freeport yang melakukan tes Covid-19 ini.

Adapun jumlah karyawan Freeport plus kontraktor sekitar 27 ribu orang. Guna mencegah penularan Covid-19, manajemen Freeport mengatur jadwal masuk kerja agar mengurangi kepadatan orang di areal tambang.(jp/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button