Ekonomi

Empat Cara Sederhana Bikin Anggaran Keuangan

Penganggaran adalah kunci pengelolaan uang yang tepat. Kebanyakan orang tidak membuat anggaran karena menurut mereka itu melelahkan dan membatasi cara mereka membelanjakan uang. Pada kenyataannya, membuat anggaran berguna untuk melacak pendapatan dan pengeluaranmu. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat anggaran keuangan yang lebih baik.

1. Tetapkan Tujuan Khusus

Sebagian besar waktu, tujuan manajemen keuangan berkisar pada menabung, berinvestasi, atau membelanjakan uang untuk sesuatu dalam periode tertentu. Jika dirimu cukup spesifik tentang apa yang dirimu inginkan, membuat anggaran akan menjelaskan cara untuk mewujudkannya. Jangan membuat kesalahan dengan hanya menganggarkan untuk membelanjakan uangmu tanpa mengetahui cara menggunakannya.

2. Kumpulkan Semua Catatan Keuangan

Catatan keuangan sangat penting untuk membuat anggaran yang sukses. Catatan keuangan ini meliputi laporan bank, laporan kartu kredit, polis asuransi, tanda terima atau struk saat dirimu berbelanja.

Semakin banyak catatan, semakin mudah untuk Menyusun anggaran, dirimu harus selalu menyimpan catatan penting di tempat yang aman untuk referensi masa mendatang. Dengan cara ini tidak akan ada lagi spekulasi saat membuat keputusan keuangan yang signifikan.

3. Temukan Penghasilan Bersih

Pada langkah ini, Anda perlu mencari angka pasti untuk penghasilan bulananmu. Laporan pendapatan berguna dalam kasus ini. Itu akan menunjukkan kepadamu semua uang yang masuk dan karenanya, cara membuat anggaran yang berhasil. Yang dimaksudkan di sini adalah pendapatan setelah terpotong pajak dan bukan total gaji.

4. Buat Daftar Biaya Bulanan

Dirimu memerlukan daftar lengkap semua yang dibayarkan setiap bulan. Sebagian besar pengeluaran bulanan ini digunakan untuk perumahan, makan, kesehatan, angkutan, keperluan mendadak dan hiburan.

Tinjau laporan bank, tagihan kartu kredit, tagihan utilitas terkini, dan kuitansi dari beberapa bulan terakhir untuk mendapatkan gambaran yang jelas. Tabungan juga merupakan bagian penting dari anggaran.

Menyisihkan jumlah tertentu untuk ditabung sangat penting untuk mencapai kesuksesan finansial.

Nah, kira-kira apakah kalian telah membuat anggaran yang sudah ditaati setiap bulannya? Yuk, lebih bijak lagi saat dirimu membelanjakan uangmu. (fim/int)