Ekonomi

Dirut BCA Ungkap Imbas Pandemi di Sektor Perbankan

FaseBerita.ID – Direktur Utama PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja menilai bahwa pemerintah bergerak cepat untuk menyelamatkan perekonomian. Salah satunya dilakukan pada industri sektor perbankan. Langkah ini ditempuh dengan memberikan sejumlah arahan mulai dari memberi penundaan cicilan hingga restrukturisasi kredit.

Meskipun begitu, Jahja mengaku pernah merasa khawatir bahwa para nasabah akan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menunda cicilan mereka. Apalagi, Dana Pihak Ketiga (DPK) dari nasabah juga mempengaruhi kelangsungan hidup industri perbankan. “Ada positif negatifnya, awalnya kami khawatir, wah, bagaimana kalau semua nasabah nggak mau bayar, kan bank juga menggunakan dana masyarakat,” tuturnya melalui diskusi online, Rabu (10/6).

Akan tetapi, di BCA sendiri, dirinya memperkirakan hanya ada 14 persen nasabah yang memakai relaksasi kredit tersebut, di mana didominasi oleh nasabah korporasi yang butuh restrukturisasi hingga akhir tahun nanti. Dengan begitu, berarti terlihat bahwa sebagian besar nasabah tidak mengalami kesulitan dalam membayar cicilan kredit.

“Hingga akhir tahun, hanya 14 persen yang butuh restrukturisasi, dan itu banyak yang nggak masuk kategori, tapi dengan pengurangan bunga 1, 2, 3 persen mereka sudah oke,” tambahnya.

Adapun, saat ini pembayaran cicilan kredit nasabah memakai mekanisme tailormade yang menyesuaikan dengan kondisi keuangan mereka. Ada yang memperpanjang jangka waktu pembayaran dab cicilannya diringankan, ada juga menghentikan sementara waktu dengan ketentuan bunga.

“Kecuali untuk KPR dan KKB, itu sesuai ketentuan, awalnya memang belum jelas, semua mengharap bisa dapat pengurangan cicilan, apakah kena (dampak) atau enggak,” jelasnya.

Kata dia, restrukturisasi membuat pihaknya harus mendalami kondisi keuangan nasabah. “Restrukturisasi ini kan jadi mengkamuflase yang nggak sanggup bayar jadi tetap lancar, sehingga sebagai perbankan, internal kami harus mendalami keadaan nasabah, apakah mereka ini sulit tapi akan surviving, atau ada serious problem,” tutup dia. (JP)

USI