Ekonomi

Di Tapsel, Ada Empat Kecamatan Penghasil Kopi

FaseBerita.ID – Ada empat kecamatan penghasil kopi di Tapsel, Sipirok, Arse, Marancar dan Saipar Dolok Hole. Sehingga sangat tepat untuk dikembangkan ke depan.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Tapsel H Aswin Efendi Siregar, saat menerima 113 mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan, yang akan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Tapsel, Selasa (10/3).

“Dengan kehadiran mahasiswa dari Polbangtan ini kiranya bisa berkolaborasi dengan pimpinan BPD serta petani kopi di Tapsel. Juga untuk pimpinan BPD kiranya bisa memanfaatkan ilmu dari anak-anak kita ini. Dan untuk penyuluh jangan lupa menyuguhkan kopi Sipirok, biar mahasiswa tahu bagaimana enaknya kopi Tapsel,” sebutnya.

Wakil Bupati juga berharap, agar ilmu yang telah didapat di bangku perkuliahan kiranya dapat diaplikasikan di lapangan agar kedepan petani kopi bisa lebih sejahtera.

“Selain itu objek pariwisata juga banyak di Tapsel, antara lain Air Terjun Silima – lima, Aek Sijorni, Danau Siais, dan masih banyak yang lain. Serta untuk mahasiswa yang PKL agar bisa beradaptasi di tengah-tengah masyarakat yang ada di kecamatan,” jelasnya.

Ditegaskan, agar penyuluh tidak bosan memberikan arahan kepada mahasiswa. Dan kepada mahasiswa untuk teruslah belajar. Agar tujuan dari PKL ini bisa sesuai dengan yang di harapkan.

Wakil Direktur I Polbangtan berharap agar penyuluh memberikan bimbingannya kepada mahasiwa selama satu bulan yang dimulai dari tanggal 9 Maret 2020 sampai dengan 8 April 2020.

“Tujuan dari PKL ini ialah untuk membantu Tapsel dalam mendukung pembangunan di bidang pertanian. Penyuluh ini menjadi mitra bapak/ibu untuk melaksanakan evaluasi program penyuluhan, agar selalu bisa memberikan arahan kepada mahasiswa kami,” jelasnya. (ran)

USI