Ekonomi

Di Palas, Baru 24 Persen yang Patuh Pajak

PALAS, FaseBerita.ID – KPP Pratama Padangsidimpuan menggelar pekan panutan, Senin (18/3) di Aula perkantoran SKPD Sigalagala. Di situ juga penyampaian SPT tahunan PPh orang pribadi sekaligus penandatanganan peraturan Bupati dan perjanjian kerjasama KSWP (konfirmasi status wajib pajak).

Tahun 2019 Palas dapat dana dari bagi hasil 29 persen. Enam persen bersumber dari bagi hasil pajak. “Melalui kegiatan ini, kiranya hubungan pemkab palas dengan KPP Pratama diharapkan bisa mendorong pembangunan,” kata Wakil Bupati drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu membuka acara itu.

Dalam paparannya, Kepala KPP Pratama Padangsidimpuan Sri Mulyono menjelaskan peran pajak pembangunan daerah sangat penting untuk pembangunan. Salah satunya dana desa yang bersumber dari pajak. Dan ini perlu ditegaskan pembayaran pajak melalui bendahara desa itu harus.

“Jika tidak akan saya kejar, sebab itu termasuk hak negara. Ada Rp230 miliar dana desa, tolong ini dioptimalkan lagi. Disana ada pajaknya. Ketika ini tidak bayar pajak, akan saya kejar,” tegas Sri Mulyono.

Selain itu, kata kepala kelahiran Salatiga Jawa Tengah ini, target PBB 2018 ada Rp2 miliar. Namun belum terpenuhi. “Target bagi hasil PBB di palas masih berpotensi meningkat. Mengingat banyaknya perusahaan dan perkebunan,” katanya.

Dari 14.773 wajib pajak orang pribadi, di palas ada pembayaran Rp20 miliar. Namun yang melaporkan SPT PPh OP tahun 2018 hanya 24,7 persen, berkisar 3.652 dari 14.773 jumlah WPOP. “Ini juga akan saya kejar, karena itu kewajiban,” sebut kepala yang menjabat baru delapan bulan ini.

Jauh dari itu, sepanjang 2018, KPP Pratama juga tepah menerbitkan tagihan pajak 852 sekitar 5,7 persen sepanjang 2018. Sebagian besar merupakan tagihan denda administrasi terkait penyampaian SPT.

Tujuannya tidak lain untuk memberikan pesan, bahwa pimpinan telah melaporkan kewajiban pajak, sebagai contoh yang mempengaruhi. Lalu peningkatan PAD, kepatuhan pajak.

Turut hadir dalam kegiatan itu, wakil ketua DPRD, Forkopimda, pimpinan OPD, Ketua PN dan PA, dan mewakili Kodim 0212/TS. (tan)

USI