Ekonomi

Danramil 11/Parlilitan Motivasi Koptan Dukung Program Upsus

HUMBAHAS, FaseBerita.ID – Guna meningkatkan ekonomi masyarakat petani melalui peningkatan Produksi, petani diharapkan saling bekerjasama dalam meningkatkan kemampuan melalui pembinaan wadah kelompok tani (Poktan. ). Sewbab hal ini juga merupakan salahsatu upaya dalam mendukung program Upsus.

Hal itu disampaikan Plt. Danramil 11/ Parlilitan Kodim 0210/TU Pelda Andi Lumban Toruan pada saat Peresmian Poktan Tabur Kasih di Dusun Huta Napa, Desa Janji Huta Napa, Kecamatan Parlilitan, Senin (18/3).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Parlilitan Eliapzan Sihotang, Kades Janji Huta Napa yang diwakili oleh Sekdes serta Penyuluh Pertanian Lampos Purba dan undangan lainnya.

Andi mengajak kelompok tani untuk membina organisasi itu dengan bekerja sama sehingga kemampuan petani dapat meningkat. “Diharapkan dengan meningkatnya kemampuan kelompok tani, produktivitas hasil pertanian terutama komoditi padi, jagung dan kedelai serta tanaman lainnya dapat meningkat. Sehingga Swasembada pangan dapat terwujud, perekonomian masyarakat meningkat,” ujarnya.

Camat Parlilitan Eliapzan Sihotang pada kesempatan yang sama memberikan motivasi kepada warga Poktan Tabur Kasih untuk selalu menjaga kekompakan dan menerima teknologi pertanian sesuai dengan kebutuhan dan kecocokan kultur dan topografi di daerah itu. “Kami mengajak semua stake holder terutama PPL agar tetap memberi penyuluhan serta pembinaan terhadap seluruh poktan di Parlilitan. Sebab dengan terbentuk dan terbinanya kelompok tani ini, bantuan dari pemerintah dapat tersalur dengan baik serta dapat dipertanggungjawabkan,” tandasnya. (sht/rb)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button