Ekonomi

Caplok Saham PepsiCo, Indofood Keluarkan Rp494 Miliar

FaseBerita.ID – PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) resmi membeli seluruh saham milik Fritolay Netherlands Holding B.V. (Fritolay). Itulah nama perusahaan afiliasi PepsiCo Inc pada perusahaan patungan PT Indofood Fritolay Makmur (IFL). Bersamaan dengan itu, ICBP mengakhiri kontrak lisensi dengan PepsiCo.

Dengan pembelian 49 persen saham senilai Rp 494 miliar milik Fritolay di IFL, kini 99,9 persen saham perusahaan patungan tersebut dikuasai ICBP. Sekretaris Perusahaan Indofood CBP Sukses Makmur Gideon A. Putro mengungkapkan bahwa transaksi itu terjadi pada Rabu (17/2).

“Nilai transaksi sekitar Rp 494 miliar akan didanai kas internal perseroan,” ujar Gideon pada Rabu lalu.

IFL pun bakal mengakhiri perjanjian lisensi dengan PepsiCo setelah semua persiapan penghentian produksi dan penjualan produk dengan merek-merek PepsiCo usai. Estimasinya, hal tersebut bakal terjadi pada Agustus 2021.

“Fritolay, PepsiCo, dan/atau pihak afiliasi lainnya tidak boleh memproduksi, mengemas, menjual, memasarkan, atau mendistribusikan produk makanan ringan apa pun di Indonesia yang bersaing dengan produk IFL,” terang Gideon. Aturan itu berlaku selama tiga tahun sejak berakhirnya masa transisi.

Saat ini produk-produk berlisensi PepsiCo masih boleh beredar. Pada Agustus nanti, pemasaran berhenti sementara. Produk-produk yang dimaksud adalah Lays, Doritos, dan Cheetos. Untuk produk-produk lain, Indofood memastikan akan terus memproduksi, menjual, dan mengembangkannya. Di antaranya, Chitato, Qtela, Chiki, dan Jetz.

“Kami bakal terus memproduksi, menjual, dan mengembangkan merek-merek lama yang telah menjadi makanan ringan favorit masyarakat Indonesia,” tutur Gideon.

Meski tidak dapat bersaing dengan IFL selama tiga tahun sejak Agustus 2021, PepsiCo yakin prospek industri makanan ringan di Indonesia masih kuat. Bahkan, sektor tersebut bisa menjadi bagian penting dari strategi pertumbuhan perseroan.

“Kami berharap dapat kembali lagi ke pasar Indonesia dengan Lays, Doritos, dan Cheetos,” bunyi pernyataan resmi manajemen PepsiCo dalam keterangan tertulisnya pada Kamis (18/2). (jp/fabe)